Xiaomi Umumkan MIUI 12, Fitur Baru Terbaik

Xiaomi Umumkan MIUI 12, Fitur Baru Terbaik

Fitur Terbaik dan Menarik

Xiaomi Umumkan MIUI 12 – Xiaomi baru saja mengumumkan versi baru dari skin Android mereka yaitu MIUI 12. Meneruskan kesuksesan MIUI 11, MIUI 12 membawa sejumlah peningkatan di sisi visual dan UI untuk membuat pengalaman menggunakan HP Xiaomi menjadi lebih baik lagi.

Baca juga : Laptop Kelas Manengah Terbaik di Tahun 2020

Selain itu, MIUI 12 juga hadir dengan beberapa fitur baru seperti mode gelap yang lebih bagus, alat keamanan dan privasi yang ditingkatkan, animasi baru, wallpaper baru dan banyak lagi. Bagi kamu yang memiliki HP Xiaomi dan penasaran dengan apa yang ditawarkan MIUI 12, berikut ulasan lengkap mengenai fitur terbarunya.

Dark Mode 2.0

Dark Mode 2.0 baru pada MIUI 12 akan membawa wallpaper yang dapat meredup pada HP-HP Xiaomi. Fitur ini akan bekerja berdasarkan waktu dan secara bertahap akan meredupkan wallpaper seiring perubahan dari siang hari ke malam hari. Selain itu, Xiaomi juga memperbaiki bagaimana cara teks ditampilkan ketika pengguna beralih dari mode terang ke gelap dan sebaliknya.

Contohnya, pada MIUI 12, HP akan secara otomatis menyesuaikan bobot dan tebal font untuk mengurangi efek silau ketika mode gelap dihidupkan. Hal ini akan sangat meningkatkan keterbacaan teks dalam kondisi cahaya rendah.

Sensory Visual Design

Masih diseputar tampilan, guna mempercantik Ui kustom mereka, Xiaomi merombak desain visual untuk informasi sistem pada MIUI 12. Xiaomi menyebut fitur baru ini sebagai Sensory Visual Design.

Lewat perubahan visual baru ini, kini ketika pengguna mengunjungi pengaturan atau sekadar ingin mengetahui ketersediaan penyimpanan, informasi yang ditampilkan akan disajikan dalam bentuk grafik dan diagram visual. Ini dimaksudkan agar pengguna dapat dengan lebih mudah memahami informasi yang ingin mereka ketahui.

Super Wallpaper

Selain Dark Mode 2.0 dan Sensory Visual Design, Xiaomi juga mengumumkan fitur baru lain pada MIUI 12 yaitu Super Wallpaper. Xiaomi menciptakan fitur ini menggunakan model animasi 3D dari planet Mars dan Bumi berdasarkan data eksplorasi luar angkasa dari NASA.

Pengguna dapat mengatur fitur keren ini baik pada lockscreen maupun home screen mereka. Kerennya lagi, fitur ini juga dibuat lebih ‘hidup’ di mana ketika mode gelap diaktifkan, wallpaper dari planet yang dipilih juga akan ikut memasuki waktu malam, untuk pengalaman visual yang lebih dinamis.

Animasi dan Gestur Baru

Xiaomi berfokus kepada banyak perubahan desain visual pada MIUI 12. Salah satu diantaranya adalah animasi yang kini dibuat lebih realistis dan dapat bereaksi berbeda berdasarkan gestur pengguna. Animasi baru ini hadir pada informasi cuaca, rotasi layar, pengisian daya, buka tutup aplikasi dan banyak lagi.

Di samping animasi, MIUI 12 juga membawa sejumlah gestur baru. Salah satu yang paling menarik adalah kini pengguna dapat menggeser panel notifikasi untuk kemudian diperluas menjadi jendela kecil, yang bisa digeser ke berbagai arah layaknya split-screen.

Pelacak Kesehatan

Dengan MIUI 12, Xiaomi memungkinkan penggunanya untuk merekam aktivitas kesehatan seperti berjalan, berlari dan bersepeda, hanya dengan menyimpan HP di saku. Xiaomi menyebut jika fitur pelacak kesehatan ini menggunakan “algoritma persepsi perilaku berbasis AI” yang dikembangkan untuk bisa merekam data kesehatan yang akurat, namun tetap hemat daya di saat yang bersamaan.

Selain itu, MIUI 12 juga membawa fitur pelacakan tidur dengan cara kerja serupa di mana pengguna jadi bisa mengetahui mengetahui kapan mereka tidur, berapa lama mereka tidur dan apakah mereka bermimpi atau tidak.

AI Calling

Xiaomi telah melatih asisten AI mereka – Xiao AI – untuk menjawab panggilan bagi pengguna sejak akhir tahun lalu. Ini serupa dengan fitur Call Screening yang pertama kali Google perkenalkan di Pixel 3. Xiaomi mengungkap bahwa setelah setengah tahun pengujian, Xiao AI kini telah menjawab lebih dari 4 juta panggilan untuk pengguna closed beta.

Pada MIUI 12, Xiaomi resmi membawa fitur canggih itu dalam bentuk “AI Calling”. Kini, selain bisa menjawab panggilan secara otomatis, pengguna juga dapat mengatur dalam bahasa apa panggilan untuk mereka akan dijawab.

Privasi yang Lebih Baik

Maka sama seperti versi sebelumnya, Xiaomi kembali meningkatkan privasi MIUI 12 menjadi lebih baik lagi. Contohnya, pengguna kini dapat memilih untuk memberikan izin kepada aplikasi untuk seterusnya atau hanya ketika digunakan.

Selain itu, MIUI 12 juga dapat membantu pengguna melacak perilaku aplikasi dengan memberi catatan tentang bagaimana suatu aplikasi berperilaku pada HP pengguna, informasi apa saja yang dikoleksi dan banyak lagi. Yang terakhir, MIUI 12 juga membawa Mask System, fitur baru yang akan memberikan aplikasi kosong dan informasi kosong untuk melindungi data penting pengguna seperti daftar kontak, kalender dan catatan panggilan.

Itulah tadi ulasan mengenai fitur baru terbaik MIUI 12 yang baru saja diumumkan Xiaomi. Untuk kamu pengguna HP Xiaomi, bagaimana pendapatmu tentang MIUI 12?

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *