WhatsApp Tuntaskan Masalah Nomor Ponsel

WhatsApp Tuntaskan Masalah Nomor Ponsel

WhatsApp Tuntaskan Masalah Nomor Ponsel yang Bocor oleh Google

WhatsApp Tuntaskan Masalah Nomor Ponsel yang Bocor oleh Google – WhatsApp dilaporkan telah menyelesaikan masalah yang membuat nomor ponsel pengguna bisa terlihat publik di mesin pencarian Google.

Penyelesaian ini dilakukan beberapa hari setelah riset independen menunjukkan terdapat kebocoran sampai 300 ribu nomor ponsel melalui tautan fitur WhatsApp, click to chat.

Click to chat adalah fitur yang dapat memungkinkan pengguna memulai obrolan dengan pengguna lainnya tanpa harus pernah menyimpan nomor orang tersebut.

“Nomor ponsel Anda terlihat didalam URL ini dan siapa pun yang memegang URL dapat mengetahui nomor ponsel Anda lalu Anda tidak bisa mencabutnya,” kata Jayaram dikutip Tech Radar.

“Ketika nomor telepon individu bocor, pelaku kejahatan siber dapat mengirim pesan, menelepon, bahkan dapat menjual nomor ke pelaku lain,” sambungnya.

Menurutnya, tidak ada cara untuk mencegah mesin pencari Google untuk tidak mengindeks metadata ini. Alhasil, nomor-nomor tersebut bocor ke hasil pencarian publik.

Melansir berita viral hari ini, ia melakukan pencarian lewat kata kunci site:wa.me dan dilanjutkan dengan nomor kode negara. Misal site:wa.me “+62” untuk mendapat bocoran nomor Whatsapp di Indonesia.

Fitur Click to Chat memungkinkan pengguna untuk memulai obrolan dengan seseorang tanpa harus menyimpan nomor orang tersebut.

Selama pengguna mengetahui nomor teleponnya dan memiliki akun WhatsApp yang aktif, pengguna dapat membuat tautan yang akan memungkinkan pengguna untuk memulai obrolan.

Mengungkap fitur baru garapan WhatsApp

Dalam pernyataan resmi WhatsApp yang disitat dari techcrunch, click to chat dikatakan didesain untuk membantu pengguna, terutama pengusaha kecil, di seluruh dunia, agar bisa berkomunikasi dengan member yang ingin Daftar IDN Poker 77 Online

“Kami mengapresiasi laporan penelitian itu dan menghargai waktu yang ia luangkan untuk membagikannya dengan kami, namun itu tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan hadiah karena hanya berisi URL indeks mesin pencari yang digunakan pengguna WhatsApp untuk dipublikasikan.

Semua pengguna WhatsApp, termasuk untuk bisnis, dapat memblokir pesan yang tidak diinginkan dengan ketukan tombol,” ujar WhatsApp.

Akun Twitter @WABetaInfo yang sering mengungkap fitur-fitur baru garapan WhatsApp mengungkap masalah data nomor ponsel yang bocor di Google sudah pernah disoroti sejak Februari. Masalah itu dikatakan masih terulang, namun kini sudah tidak lagi terlihat.

“Nomor telepon tidak lagi terlihat di Google,” cuitnya sambil me-retweet salah satu cuitan yang sempat diunggah pada 29 Februari.

“Nomor ponsel Anda terlihat di dalam URL ini dan siapa pun yang memegang URL, dapat mengetahui nomor ponsel Anda lalu Anda tidak bisa mencabutnya,” kata Jayaram.

“Ketika nomor telepon individu bocor, pelaku kejahatan siber dapat mengirim pesan, menelepon, bahkan dapat menjual nomor ke pelaku lain,” sambung Jayaram.

Jayaram telah melaporkan risetnya kepada WhatsApp dan Facebook pada 23 Mei melalui skema bug-bounty. Dia menyarankan pengguna mengganti nomor telepon mereka demi menghindari potensi kejahatan siber.

Peneliti siber yang melakukan riset independen itu, Athul Jayaram, mengungkap, nomor ponsel yang masuk dalam URL hasil fitur click to chat bisa dilihat dalam bentuk plain text oleh siapa saja yang mengaksesnya melalui Google. Dia mengatakan hal itu rentan digunakan tindak kejahatan siber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *