Tips yang Perlu Kamu Ketahui untuk Beli Laptop Baru, Jangan Sampai kecewa ya!

Tips yang Perlu Kamu Ketahui untuk Beli Laptop Baru, Jangan Sampai kecewa ya!

Tips yang Perlu Kamu Ketahui untuk Beli Laptop

Tips yang Perlu Kamu Ketahui untuk Beli Laptop – Laptop merupakan perangkat yang sangat compact untuk bisa dibawa ke mana saja dan cukup fleksibel untuk bisa menjalankan aplikasi berat. Laptop menjadi alat terbaik untuk melakukan pekerjaan sarius atau sekedar bermain. Dengan ratusan laptop di luar sana, tentunya tidak mduah untuk memilih mana yang terbaik.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A80, Cuma Mengandalkan Kamera Putar?

Terlebih, setiap orang memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda-beda dalam kriteria laptop yang diinginkan. Untuk membantu kamu mendapatkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan, berikut 7 tip yang perlu kamu ketahui sebelum membeli laptop baru. Check it out!

Tentukan Platform atau OS

Sebagian besar laptop saat ini, hadir dengan salah satu dari tiga OS populer yaitu Windows, MacOS (hanya untuk MacBook) dan Chrome OS. Dari tiga OS tersebut, tentukan mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Windows (umumnya via Windows 10) merupakan OS paling fleksibel dan banyak digunakan. Selain itu, laptop dengan OS Windows tersebar di berbagai macam harga mulai dari terjangkau hingga yang ‘mencekik dompet’.

Sementara untuk MacOS, menawarkan fungsionalitas yang serupa dengan Windows, namun terbatas di perangkat dari Apple seperti MacBook saja. Salah satu keunggulan MacOS dibanding Windows adalah pembaruan versi sistem operasi yang rutin setiap tahunnya.

Yang terakhir yaitu Chrome OS, menjadi yang paling sederhana dan aman, namun lebih terbatas ketimbang Windows dan MacOS. Ini lebih ditujukan untuk mereka yang suka kesederhanaan dan portabilitas yang lebih baik. Untuk daftar laptop, Chrome OS terbilang cukup sedikit dibanding dua yang lain.

Butuhkah 2-in-1

Banyak laptop jatuh ke dalam kategori 2-in-1 alias perangkat hybrid yang bisa beralih di antara mode clamshell tradisional dan tablet. Laptop 2-in-1 umumnya hadir dalam dua ‘style’ yang berbeda yaitu detachable dengan layar yang bisa dilepas dan flexible dengan engsel yang dapat diputar hingga 360 derajat.

Putuskan apakah kamu membutuhkan laptop dengan dua fungsi perangkat seperti ini. Jika tidak, kamu bisa langsung memilih laptop tradisional untuk menghemat budget, mengingat laptop 2-in-1 dibanderol di harga yang lebih mahal.

Pilih Ukaran Layar

Sebelum ke spesifikasi yang jadi hal paling utama, ada baiknya untuk memilih ukuran layar yang tepat dan nyaman untuk kamu. Untuk layar juga menentukan bobot dan tujuan utama dari laptop itu sendiri. Terdapat empat ukuran umum untuk laptop yaitu 11, 14, 15 dan 17 inci.

11 inci: ukuran paling kecil pada laptop dengan bobot umum di 1,1kg. Laptop dengan layar seperti ini mudah untuk dibawa ke mana-mana, namun kurang cocok untuk bermain game atau menonton film.

14 inci: ukuran yang memberikan keseimbangan di antara portabilitas dan fungsionalitas yang baik. Berat umum untuk laptop dengan ukuran layar 14 inci adalah 1,8kg yang tidak begitu berat dan cocok untuk digunakan menonton film ataupun bermain game.

15 inci: ukuran paling populer saat ini dengan bobot umum di kisaran 2,4kg. Laptop 15 inci memiliki tombol keyboard yang lebih banyak (ekstra numerik) dan resolusi layar yang lebih beragam. Laptop semacam ini cocok untuk kamu yang tidak berencana untuk membawa laptop ke mana-mana.

17 inci: jika kamu membutuhkan laptop yang hanya akan digunakan di rumah alias jarang dibawa keluar, maka laptop dengan 17 inci cocok untuk kamu. Umumnya, laptop dengan ukuran layar jumbo ini merupakan laptop gaming atau workstation yang lumayan berat, namun telah dibekali dengan spesifikasi mumpuni.

Cek Keyboard dan Touchpad

Spesifikasi yang luar biasa tidak akan begitu berguna jika laptop memiliki keyboard dan touchpad yang buruk. Jika kamu berencana untuk melakukan banyak pekerjaan di laptop, pastikan bahwa keyboard laptop yang kamu inginkan menawarkan feedback yang tactile dan solid, key-travel yang nyaman (di kisaran 1 hingga 2mm) dan ruang yang cukup di antara tombol. Apabila dibutuhkan, pilih juga yang memiliki lampu backlight. Sementara untuk touchpad, pastikan memiliki akurasi kursor yang baik, respons yang konsisten dan gestur yang beragam.

Sesuaikan dengan Spesifikasi kebutuhan

Terdapat empat komponen penting pada spesifikasi utama laptop yaitu prosesor, GPU, RAM dan penyimpanan. Sesuaikan spesifikasi keempat komponen tersebut dengan kebutuhan kamu. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah.

Prosesor: ada dua brand prosesor besar yaitu Intel dan AMD. Intel memiliki berbagai produk prosesor dengan yang direkomendasikan adalah Core i3 (untuk entry-level), Core i5 (untuk kinerja menengah), Core i7 (untuk kelas atas) dan Core i9 (untuk performa sempurna). Sementara AMD, kamu bisa memilih seri Ryzen 4000 (setara i5 dan i7) atau seri A, FX atau E untuk kelas entry-level nya.

GPU: Untuk GPU, terdapat dua brand yang bisa dipilih yaitu Nvidia dan AMD. Nvidia menjadi salah satu paling populer dengan banyak produk seperti seri MX (untuk kelas entry-level hingga menengah), GTX (untuk gaming standar) dan RTX-nya (untuk gaming bebas lag). Di sisi lain, produk paling direkomendasikan dari AMD adalah seri Radeon RX yang tersebar di berbagai kelas. Keduanya sama-sama kuat untuk bermain game, tergantung jenis game dan konfigurasi visual apa yang yang kamu pilih di dalam permainan.

RAM: RAM atau Random Access Memory merupakan komponen penting lain yang tidak bisa diremehkan. Kapasitas RAM minimal untuk saat ini adalah 4GB dan idealnya adalah 8GB. Jika itu masih kurang, kamu bisa memilih 16GB untuk performa multitasking dan gaming yang lebih pasti. 32GB, 64GB dan di atasnya juga direkomendasikan meski sebagian besar itu hanya pada laptop ultrabook, gaming atau workstation.

Penyimpanan: Kamu bisa memilih di antara HDD dan SSD untuk jenis penyimpanan kamu. HDD merupakan penyimpanan umum yang biasanya menawarkan kapasitas besar (sekalipun pada laptop terjangkau) namun dengan kecepatan baca tulis yang standar. Jika kapasitas bukan masalah untuk kamu, pilihlah SSD yang memiliki kecepatan baca tulis hingga tiga kali HDD tradisional. Untuk performa yang lebih baik (terutama gaming), direkomendasikan untuk menggunakan penyimpanan berbasis SSD.

Daya Tahan Baterai

Laptop sebagai perangkat portabel membutuhkan yang namanya daya tahan baterai yang baik. Jika kamu berencana membeli laptop gaming yang mayoritas waktu penggunaannya di rumah, maka kamu tidak perlu khawatir dengan hal ini.

Akan tetapi, jika kamu berencana membawa laptop kamu ke mana-mana, maka usahakan untuk memilih yang memiliki daya tahan baterai setidaknya 7 jam atau idealnya 8 jam. Laptop dengan baterai awet umumnya memiliki jumlah cell dan kapasitas (dalam satuan mAh) yang tinggi.

Pastikan Tidak Melebihi Budget

Saat ini, kamu sudah bisa mendapatkan laptop yang cukup baik (baik dari spesifikasi maupun kualitas) untuk harga di kisaran Rp3 juta. Untuk lebih jelasnya, langsung simak penjelasan di bawah ini.

Rp2-3 juta: Chromebook berbasis Chrome OS atau laptop berbasis Windows low-end dengan penyimpanan minim dan prosesor kelas bawah. Biasanya, laptop di rentang harga ini hanya memiliki layar 11 inci (ada yang 14 inci namun tidak banyak).

Rp4-6 juta: Laptop kelas menengah dengan prosesor yang lebih baik seperti Core i3 atau AMD A8, RAM 4GB dan penyimpanan 500GB hingga 1TB. Umumnya, laptop di harga kurang dari 7 juta ini belum dibekali dengan SSD, layar FHD dan baterai yang awet.

Rp7-9 juta: Rentang harga ini dikuasai oleh laptop mid-end dengan spesifikasi yang lumayan seperti Core i5 dan AMD Ryzen, serta kartu grafis diskrit seperti dari Nvidia atau AMD Radeon. Selain itu, kebanyakan laptop di kelas harga ini juga telah dilengkapi dengan SSD dan layar FHD.

Rp10 juta ke atas: Laptop dengan harga Rp10 juta atau lebih merupakan laptop berjenis premium yang memiliki hampir semua hal yang diinginkan dari laptop kelas atas. Itu seperti prosesor tertinggi generasi terbaru, kartu grafis diskrit yang kuat untuk menjalankan game berat, layar dengan resolusi lebih dari FHD (bisa 2K atau 4K) dan baterai yang sangat awet.

Demikian tadi ulasan mengenai apa saja yang perlu kamu ketahui sebelum membeli laptop baru. Untuk informasi lebih lengkap mengenai laptop yang ingin kamu beli, kamu bisa membaca review atau ulasan dari situs reviewer laptop kenamaan seperti Laptopmag, Notebookcheck dan NotebookReview.

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *