Tips Cegah Mata Sakit Saat Bekerja Di Depan Komputer

Tips Cegah Mata Sakit Saat Bekerja Di Depan Komputer

Tips Cegah Mata Sakit Saat Bekerja Di Depan Komputer

Tips Cegah Mata Sakit Saat Bekerja Di Depan Komputer – Jaman sekarang tidak sedikit orang yang bekerja menggunakan komputer. Sudah jadi hal biasa bagi anda yang bekerja di depan kompoter akan memakan waktu yang lama.

Tidak heran lagi kalau kini banyak orang yang bekerja hanya dengan modal komputer atau laptop saja. Mulai dari di kantor, di rumah sampai di restoran, semua bisa diakses asalkan ada gadget dan internet.

Efek samping dari kebiasaan ini biasanya terasa pada mata dan kepala yang sering pusing akibat bekerja lama di depan komputer. Biar gak terus merasakan dua gangguan kesehatan di atas tadi, yuk simak lima tips mencegahnya berikut

1. Jangan melihat layar komputer menengadah 

Bukan hanya bagian leher saja yang akan terasa pegal saat kamu terbiasa melihat komputer secara menengadah alias posisi kepala ke atas dan tidak lurus, tapi mata juga akan bekerja lebih keras dibanding melihat dengan pandangan yang lurus. Menengadah memaksa mata untuk bekerja lebih keras dalam posisi yang tegang.

2. Alihkan pandangan mata minimal setiap 15 menit sekali

Paparan layar komputer bisa membuat mata menjadi kering dan kepala pusing karena fokus yang terus terjaga. Hal ini harus diselesaikan dengan cara mengalihkan pandangan mata minimal setiap 15 menit sekali ke arah bebas. Biarkan mata bergerak melirik dan melihat benda di sekeliling kalian sebagai waktu istirahat dari ketegangan ketika dipakai fokus bekerja memandang layar komputer.

3. Bila perlu gunakan obat tetes mata 

Mata yang kering dan dibiarkan begitu saja dapat memicu iritasi. Sebagai pelembab, gunakan obat tetes mata. Mata merah akibat iritasi ringan pun bisa teratasi dengan beberapa tetes saja. Tapi jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata karena pemakaian rutin dan jangka panjang memang tidak disarankan demi kesehatan.

4. Bergerak dan lakukan peregangan 

Kepala yang pusing karena pandangan yang terus terjaga di depan layar komputer bisa membuat peredaran darah sedikit terhambat. Ini yang kemungkinan besar akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya coba bergerak dan lakukan peregangan tubuh. Misalnya berjalan ke arah pantry, kamar mandi, atau ruang hijau di sekitar kantor.

5. Mengistirahatkan mata dari aktivitas 

Mengistirahatkan mata bukan cuma menutup layar laptop dan beralih ke gadget. Keduanya memiliki paparan sinar yang cukup berpengaruh pada ketegangan mata. Jika ada waktu senggang maka pergunakan untuk memejamkan mata sebentar dan jangan memforsir kinerja mata dengan menatap layar gadget, membaca buku atau hal lain yang butuh fokus tinggi.

 Oke guys semoga informasi diatas bermanfat.. Terima kasih