Telkom-Netflix Buka Blokir Layanan

Telkom-Netflix Buka Blokir Layanan

Telkom-Netflix Buka Blokir Layanan

Telkom-Netflix Buka Blokir Layanan – Telkomsel memberikan sinyal baru terkait kapan layanan video on demand Netflix bisa diakses di jaringannya.

Kendati tidak menyebutkan tanggal pastinya, namun pernyataan Telkomsel kali ini seakan memberi tanda bahwa pemblokiran Netflix di jaringan Telkom Group tidak lama lagi akan dibuka dan diakses para pelanggannya.

“(Netflix bisa diakses Telkomsel) Itu tidak lama lagi. Kira-kira seperti itu,” ucap Head of Home LTE Telkomsel Arief Pradetya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengatakan sampai saat ini diskusi dengan Netflix terkait masih belum final.

Pembicaraan kedua perusahaan pertama kali diberitakan dua pekan lalu. Negosiasi ini dilakukan terkait kemungkinan membuka blokir yang dilakukan grup Telkom terhadap layanan video on demand itu.

“Belum. Nanti ya kalau sudah ada informasi terbaru, akan disampaikan,” kata VP Corporate Communication Telkom Arif Prabowo, Selasa.

Beberapa minggu lalu, Arif sempat mengatakan negosiasi dilakukan karena Netflix memiliki itikad baik untuk melakukan perubahan dan penyesuaian terhadap beleid yang ada di Indonesia.

Pernyataan tersebut bermula dari Telkomsel yang baru saja memperkenalkan Telkomsel Orbit, sebuah produk layanan internet berbasis WiFi yang mengandalkan jaringan 4G LTE. Apakah, Telkomsel Orbit ini memungkinkan dapat mengakses Netflix?

“Saya haya bisa bilang dalam waktu dekat Netflix akan bisa. Mengenai kapannya? Nanti pasti akan ada pengumuman secara terpisah,” ujar dia.

Sebagai informasi, Telkom menutup akses Netflix di jaringan IndiHome, WiFi.id, dan Telkomsel, sejak pengumuman ekspansi Netflix ke Indonesia pada awal 2016 silam sampai sekarang.

Dalam beberapa kesempatan terakhir, perusahaan BUMN ini mengakui bahwa mereka dan Netflix sedang dalam proses pembicaraan untuk berkolaborasi. Akan tetapi, Telkom memberi sinyal agar perusahaan asal AS itu terlebih dahulu mematuhi peraturan yang berlaku, salah satunya soal take down konten untuk menjamin kenyamanan pelanggan.

Jika ada kesepakatan antar keduanya, maka layanan Netflix kan dapat diakses melalui jaringan Telkom Group.

Sebelumnya, Telkom sempat menejelaskan tengah melakukan komunikasi yang cukup intens dengan Netflix terkait pembukaan blokir yang dilakukan grup Telkom. Pembicaraan dilakukan setelah Netflix disebut memiliki itikad baik untuk melakukan perubahan dan penyesuaian yang menjadi perhatian Telkom.

CNNIndonesia.com pun telah berusaha menghubungi Communication Manager Netflix yang berbasis di Singapura yakni Kooswardini Wulandari untuk menanyakan perkembangan negosiasi dengan Telkom, tetapi tidak direspon.

Pada Januari 2016 silam, anak usaha Telkom seperti Telkomsel, Indihome, dan Wifi.id memblokir akses Netflix karena Netflix dianggap tidak mematuhi berbagai beleid di Indonesia, khususnya soal konten-konten berbau pornografi.

Aksi blokir Netflix yang dilakukan TelkomGroup sempat berbuntut panjang. Pasalnya, Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) sampai ikut andil karena diduga ada persaingan tidak sehat atau kecurangan yang dilakukan Telkom.

Hal ini lantaran para anak usaha bekerja sama dengan layanan streaming lain, misalnya Telkomsel dengan Hooq dan IndiHome dengan iFlix.

Pada Januari, Menkominfo Johnny G. Plate pun sempat menyebut bahwa pihaknya siap memfasilitasi pertemuan antara Telkom Grup dan Netflix.

Lebih lanjut, menurutnya Netflix saat ini tengah menjajaki berbagai perusahaan ISP (Internet Service Provider) di Indonesia. Penjajakan dilakukan agar perusahaan penyedia internet itu bisa menyiarkan konten yang ada di platftorm mereka. Telkom menjadi salah satu perusahaan ISP yang tengah dijajaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *