Takut Pengunjung Membludak, Monas Batal Dibuka

Takut Pengunjung Membludak, Monas Batal Dibuka

Takut Pengunjung Membludak, Monas Batal Dibuka

Takut Pengunjung Membludak, Monas Batal Dibuka. Kawasan Taman Monumen Nasional (Monas) batal dibuka hari ini, Sabtu. Semula Monas dan sejumlah wisata luar ruangan lainnya di Jakarta rencanakan akan dibuka kembali untuk umum kendati kasus Covid-19 yang masih tinggi. “Iya (batal dibuka hari ini),” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Monas.

Isa yang belum bisa memastikan kapan Monas bisa mulai dibuka untuk umum. Ia mengaku masih menunggu instruksi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait hal itu.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta sebelumnya mengumumkan pembukaan kembali sejumlah tempat wisata di Jakarta. Pembukaan kembali tempat wisata di Jakarta ini dilakukan di tengah meningkatnya kasus Covid-19

Keputusan tersebut tertuang di surat keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 131 Tahun 2020, tempat wisata jenis museum dan galeri sudah bisa beroperasi pada 8 Juni hingga 2 Juli 2020.

Sedangkan untuk taman wisata luar ruang (outdoor) dan dalam ruang (indoor) seperti Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, termasuk Monas mulai dibuka kembali pada hari ini, Sabtu.

“Masyarakat kan udah banyak, makanya perlu persiapan yang lebih matang. Nanti orang membludak pengaturan kita nggak siap,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan sekitar pukul 9.30 WIB di kawasan Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) atau Lenggang Monas, terlihat sejumlah pedagang yang sudah membuka lapaknya. Namun, secara umum masih terlihat lengang dari pengunjung.

Namun, Isa menyatakan keputusan Monas batal dibuka usai pihaknya melihat kondisi di beberapa tempat wisata atau kawasan lain, yang beberapa waktu sebelumnya kembali beroperasi.

Dia bilang, tingginya animo masyarakat untuk kembali menikmati kawasan taman atau tempat wisata di Jakarta, termasuk Monas membutuhkan persiapan khusus. Pihaknya juga mendapati laporan di tempat lain yang sempat diprotes oleh warga usai kembali dibuka atau beroperasi.

Pedagang Keluhkan Monas Batal Dibuka Hari Ini

Salah satu pedagang di area Lenggang Monas, Ulfah, mengaku kecewa karena Monas batal dibuka hari ini. Ulfah kecewa lantaran kabar dibatalkannya pembukaan Monas ia terima mendadak.

Pasalnya, hal itu tidak ia rasakan sendiri, namun juga dirasakan pedagang lain yang berprofesi sama dengannya. Mimah mengaku sudah empat bulan libur berjualan akibat penutupan kawasan Monas karena penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

“Enggak apa-apa. Kan semuanya belum buka,” katanya. Kawasan Taman Monumen Nasional (Monas) batal dibuka hari ini, Sabtu. Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas, Isa Sanuri belum memastikan sampai kapan Monas akan Dibuka.

Ia menyatakan pihaknya masih menunggu instruksi dari Pemprov DKI Jakarta sambil melakukan sejumlah persiapan lebih lanjut sebelum kembali beroperasi. Awalnya mengaku senang sebab akan kembali berjualan setelah lebih dari tiga bulan lapaknya tutup. Ditemui di lokasi, ia mengaku sudah bersiap membuka lapaknya untuk kembali berjualan.

Ulfah mengaku belum menerima kabar lanjutan terkait kembali dibukanya Monas. Dengan pembatalan tersebut, ia terpaksa harus kembali menutup lapaknya. Hal berbeda diungkapkan Mimah. Pedagang bako dan soto Betawi di kawasan Lenggang Jakarta, Monas itu mengaku tak kecewa meski ia sudah membeli satu kilo daging di hari pertama berjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *