Poin Aturan Baru Wajib Militer

Poin Aturan Baru Wajib Militer

Poin Aturan Baru Wajib Militer

Poin Aturan Baru Wajib Militer – Selama ini, pria Korea yang berusia 25-27 tahun dan belum menjalani wajib militer bisa pergi ke luar negeri dengan bebas, tanpa adanya larangan tertentu. Izin bepergian juga dapat diperpanjang hingga 3 tahun. Namun, pada 29 Mei lalu, Asosiasi Tenaga Kerja Militer di Korea Selatan telah membuat peraturan baru terkait izin bepergian bagi pria Korea yang belum melakukan wajib militer di umur tertentu.

Terhitung sejak 29 Mei, pria Korea yang berusia 25 – 27 tahun dan belum wajib militer tak akan bebas bepergian ke luar negeri. Mereka hanya diberi kesempatan untuk mengajukan izin berpergian hingga 5 kali, masing-masing untuk periode waktu selama 6 bulan.

Aturan baru ini rupanya dibuat karena banyaknya pria yang menyalahgunakan izin bepergian sebagai alasan untuk menunda mengikuti wajib militer. “Peraturan izin perjalanan luar negeri yang direformasi adalah tambahan untuk peraturan yang ada karena izin perjalanan luar negeri jangka pendek telah disalahgunakan secara luas sebagai metode untuk menunda pendaftaran militer. Individu yang berusia antara 25 hingga 27 tahun (28 jika individu terdaftar dalam program doktor, menghadiri sekolah, atau menunda pendaftaran) memenuhi syarat untuk mendapatkan izin perjalanan luar negeri jangka pendek,” jelas Asosiasi Tenaga Kerja Militer.

Pembatasan izin bepergian ini tentu mengejutkan banyak fans grup boyband K-Pop, juga selebriti pria Korea. Salah satu isu yang berkembang adalah kabar Doojoon ‘Highlight’ yang dilaporkan tidak bisa menghadiri acara luar negeri setelah adanya peraturan baru dalam wajib militer ini.

Tapi, tentunya tetap ada pengecualian. Izin akan tetap diberikan bagi mereka yang sudah berusia di atas 28 tahun namun terpaksa bepergian demi pengobatan, menghadiri acara keluarga, atau karena ada situasi yang tidak terhindarkan.

Adanya peraturan baru ini tentunya akan menyulitkan para idol K-Pop yang harus pergi ke luar negeri untuk melakukan promosi bersama grupnya. Banyak fans yang takut bahwa para idol K-pop mereka kemudian akan mempercepat keberangkatan mereka mengikuti wajib militer karena adanya aturan baru ini.

Peraturan apa yang berubah?

Selama ini, pria Korea yang berusia 25-27 tahun dan belum menjalani wajib militer (wamil) bisa mengajukan izin bepergian sementara keluar negeri secara leluasa. Izin bisa diperpanjang hingga 3 tahun. Para pemiliki izin diperbolehkan untuk berpergian berkali-kali tanpa batas selama kurun waktu tersebut.

Namun, pada 29 Mei lalu, Military Manpower Association di Korea Selatan, membuat peraturan baru terkait izin bepergian bagi para pria Korea yang belum wamil.

Mulai 29 Mei, mereka yang berusia 25 hingga 27 tahun dan belum menunaikan wamil, akan dibatasi dalam mengajukan izin berpergian keluar negeri. Mereka diberi kesempatan mengajukan izin berpergian hingga lima kali, masing-masing untuk periode waktu selama 6 bulan.

Namun, secara total, akumulasi izin ini tidak boleh melebihi dua tahun (24 bulan).

Kenapa perlu ada perubahan peraturan?

Perubahan peraturan ini dibuat oleh Military Manpower Association untuk menghindari penundaan wajib militer yang dilakukan secara sengaja.

“Peraturan izin bepergian luar negeri yang telah diperbaiki ini melengkapi peraturan yang ada. Karena, izin bepergian keluar negeri dalam jangka waktu pendek ini telah banyak disalahgunakan sebagai metode untuk menunda wajib militer,” sebut pihak asosiasi.

Mereka menegaskan, para pria belum wajib militer yang berusia 25-27 tahun (atau 28 tahun bila tengah mengikuti program doktoral, menempuh pendidikan, atau telah menunda masa wajib militer) boleh mengajukan izin bepergian sementara ke luar negeri.

Sementara itu, mereka yang sudah berusia di atas 28 tahun namun terpaksa bepergian demi pengobatan, menghadiri acara keluarga, atau karena ada situasi yang tidak terhindarkan, boleh mengajukan izin bepergian. Pihak asosiasi mengatakan, izin akan diberikan ‘selama tidak menghambat kewajiban dinas militer’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *