Microsoft Hadirkan Komputer Canggih Untuk Lawan Virus Corona

Microsoft Hadirkan Komputer Canggih Untuk Lawan Virus Corona

Microsoft Hadirkan Komputer Canggih Untuk Lawan Virus Corona

Microsoft Rilis Situs Pelacak Virus Corona Lewat Mesin Pencari ...

Microsoft Hadirkan Komputer Canggih Untuk melawan Virus Corona – Microsoft membangun komputer super canggih yang sangat besar untuk melakukan berbagai macam tugas artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Ini merupakan sebuah gebrakan baru untuk layanan cloud milik microsoft, Azure.

Seperti yang dilansir dari lamanĀ Cnet, komputer tersebut memiliki 285.000 core prosesor yang diperkuat oleh 10.000 chip grafis untuk OpenAI, sebuah perusahaan yang tengah mengembangkan teknologi AI untuk membantu masyarakat.

Komputer super canggih itu atau disebut dengan superkomputer diumumkan oleh Microsoft pada para developer Build minggu ini. Sedikit informasi, superkomputer merupakan mesin komputasi paling kuat di planet ini, biasanya digunakan untuk berbagai masalah yang sangat berat.

Adapun jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh superkomputer, antara lain Register 918Kiss seperti mensimulasikan ledakan senjata nuklir, memprediksi iklim bumi pada masa depan, dan mencari obat untuk melawan penyebaran virus COVID-19.

Superkomputer memiliki sebuah ciri khas, yaitu jumlah memori yang sangat besar serta koneksi yang cepat antar prosesor. Hal itulah yang memungkinkan superkomputer bisa berkonsentrasi pada masalah tunggal yang lebih rumit secara lebih baik.

Kelebihan superkomputer lainnya ialah meringkas pidato yang panjang, memoderasi kontem pada live gaming chat, menemukan bagian-bagian yang relevan ddi ribuan file hukum, hingga menghasilkan kode dari menjelajahi GitHub.

Menariknya, berdasarkan penelitian di proyek Top500, kecepatan superkomputer kini dua kali lebih cepat dari tahun sebelumnya. Proyek ini menilai mesin berdasarkan seberapa cepat mereka melakukan sebuah tes perhitungan matematikan yang disebutĀ Linpack.

Pihak Microsoft mengungkapkan mesin Azure miliknya akan mendapat skor pada top 5 sistem seperti itu. Tapi Microsoft tak merilis skor kinerja atau detail desain sistem superkomputer tersebut.

IBM JUGA MELAKUKAN HAL YANG SERUPA

IBM yang merupakan salah satu raksasa di didunia teknologi digtal memberikan kontribusinya melawan COVID-19. Langkah IBM dalam mencegah penyebaran virus corona adalah dengan mengerahkan komputer super. Perusahaan itu berinsiatif meningkatkan akses terhadap komputasi tingat tinggi bagi para ahli yang meneliti dan melawan virus corona.

Langkah IBM didukung pula oleh White House Office of Science and Technology Policy dan U.S. Department of Energy, untuk melahirkan High Performance Computing Consortium. Insiatif itu bertujuan untuk memanfaatkan komputasi dengan kinerja tinggi guna meningkatkan kecepatan dan kapasitas penelitian COVID-19.

“Bagaimana kita bisa menemukan perawatan baru? atau menemukan vaksin dan obat?” ungkap Director of IBM Research, Dario Gil seperti yang dilansir dari laman CNN. Dia menjanjikan membawa kekuatan komputasi yang berlum pernah ada sebelumnya.

Sistem komputasi tinggi akan sangat membantu peneliti menjalankan sejumlah kalkulasi besar sekaligus pada sektor epidemiologi, bioinformatikan serta modeling molekuler. Eksperimen tersebut biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan apabila menggunakan komputer biasa.

Nantinya, sistem tersebut akan memanfaatkan sistem komputasi super dari IBM, Amazon, Google, jaringan Universitas, laboratorium nasional, Microsoft dan berbagai pihak lainnya yang setuju membantu. Inisiatif tersebut pun mulai menerima proposal riset lewat portal online, yang nantinya akan dinilai oleh para petinggi industri teknologi, petinggi Gedung Putih serta Kementerian Energi AS.

“Kami menyatukan keahlian, bahkan lintas pesaing untuk mengerjakan ini, Kami pikir penting untuk membawa rasa kebersamaan dan membawa sains dan kemampuan terhadap tujuan ini. Sistem ini adalah beberapa sistem ilmiah dan komputasi yang paling banyak kita miliki.” jelas Gil

Para peneliti menggunakan komputer super untuk menyaring 8.000 senyawa menjadi 77 senyawa, yang paling mungkin berikatan dengan penyebab utama virus corona. Penelitian ini berusaha menjadikannya tidak mampu menempel pada sel inang di tubuh manusia.

“77 senyawa itu, saat ini tengah dicoba dengan tujuan mengembangkan pengobatan virus corona. Komputer Super tersebut memungkinkan untuk menghindari proses penjang percobaan pada 8.000 senyawa itu, dan tentunya akan mempercepat proses penemuan” tutupnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *