Mengukur Kekuatan Militer Amerika Serikat Vs Iran

Mengukur Kekuatan Militer Amerika Serikat Vs Iran

Mengukur Kekuatan Militer Amerika Serikat Vs Iran

Mengukur Kekuatan Militer Amerika Serikat Vs Iran – Pertahanan militer merupakan kekuatan utama pertahanan negara yang dibangun dan dipersiapkan untuk menghadapi ancaman militer, tersusun dalam komponen utama serta komponen cadangan dan komponen pendukung.

Membalas kematian Komandan Pasukan Quds, Mayjen Qassem Soleimani, Garda Revolusi Iran baru saja menghujani pangkalan militer AS di Irak dengan belasan rudal, Rabu dini hari waktu setempat.

Serangan yang baru saja dilakukan Iran ini semakin memperkeruh keadaan kedua negara. Diketahui, ketegangan kedua negara diawali dengan serangan AS yang menewaskan Qassem Soleimani, Jumat di Bandara Bagdhad, Irak.

Semenjak ketegangan antar kedua negara ini muncul, banyak masyarakat yang mulai mengkhawatirkan akan terjadinya Perang Dunia Ketiga. Kekhawatiran ini juga larut dalam beberapa linimasa media sosial, seperti Twitter. Banyak masyarakat yang kontra dengan terjadinya Perang  Dunia Ketiga, tapi tak sedikit pula masyarakat yang pro terjadinya Perang Dunia Ketiga.

Jika peperangan benar-benar terjadi, bagaimana kekuatan militer kedua negera tersebut? Berdasarkan data Global Fire Power, AS menempati peringkat pertama dalam daftar militer terkuat, sementara Iran berada di peringkat 14.

Peringkat ini disusun berdasarkan skor Powerindex suatu negara yang dihitung dengan menggunakan 55 faktor individu dan kolektif. Sebagai peringkat pertama, AS mendapat skor 0.0615, sedangkan skor Iran 0.2606. Adapun skor ideal berdasarkan GFP adalah 0.0000.

Berikut adalah perbandingan kekuatan militer antara Amerika Serikat dan Iran.

  • Anggaran militer AS jauh melampaui Iran

Mengukur Kekuatan Militer Amerika Serikat Vs Iran

Dengan total personel yang mencapai 2.141.900 personel, AS memiliki anggaran militer yang jauh melebihi anggaran militer Iran, 113 kali lipatnya, yakni sebesar US$716 miliar. Sementara Iran dengan total 870 ribu personel, hanya memiliki anggaran sebesar US$6,3 miliar.

  • Iran memiliki peluncur rudal yang lebih banyak dari AS

Mengukur Kekuatan Militer Amerika Serikat Vs Iran

Meskipun kalah dalam jumlah armada tempur di segala medan, Iran masih memiliki peluncur rudal yang lebih banyak dari AS, yakni 1.900 unit. Sedangkan Iran hanya 1.056 unit. Selain itu, towed artillery milik Iran juga mengungguli AS. Tercatat, Iran memiliki 2.128 unit towed artillery sementara AS hanya memiliki 864 unit.

Di jalur laut, Iran memiliki lebih banyak unit kapal patroli yang bisa mengimbangi armada kapal perang milik AS. Iran memiliki total 88 kapal patrol,  atau sekitar 7 kali lipat dari AS yang cuma punya 13 unit.

  • Jumlah personel aktif kedua negara

Mengukur Kekuatan Militer Amerika Serikat Vs Iran

Dari total populasi penduduk 329.256.465 jiwa, AS memiliki 1.281.900 personel militer aktif, sementara Iran hanya memiliki 523.000 personel militer aktif dari 83.024.745 total populasi penduduknya.

Selain itu, kedua negara tersebut juga masih memiliki sejumlah pasukan cadangannya, AS memiliki 860.000 personel cadangan, sementara Iran memiliki 350.000 personel cadangan.

  • Armada tempur AS lebih mendominasi

Mengukur Kekuatan Militer Amerika Serikat Vs Iran

Dengan anggaran militer yang cukup besar,  militer AS cukup mendominasi. Di sektor udara, AS memiliki total 13.398 pesawat dengan 2.831 pesawat tempur. Sementara Iran hanya memiliki total 509 pesawat dengan 165 pesawat tempur.

Armada helikopter Iran sekitar dua persebn dari total helikopter miliki AS, yakni 126 dibandingkan 5.760.

Dalam pertempuran jalur darat, AS memiliki kendaraan lapis baja yang lebih banyak sekitar 17 kali lipat dari Iran. AS punya 39.223 unit kendaraan lapis baja, sedangkan 2.345 unit.

Memasuki pertempuran laut, AS juga masih mendominasi dengan jumlah armadanya. Diketahui, AS memiliki 415 kapal perang, sementara Iran memiliki 398 unit kapal perang. Selain itu, AS juga memiliki jumlah kapal selam yang lebih banyak, yakni 68 unit dan Iran hanya separuhnya, 34 unit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *