Ledakan Dasyat Menguncang Iran

Ledakan Dasyat Menguncang Iran

Ledakan Dasyat Menguncang Area Militer Di Iran

Ledakan Dasyat Menguncang Iran – Otoritas Iran sedang menyelidiki ledakan besar di timur ibukota, Teheran, di dekat pangkalan militer Parchin. Wilayah ini diduga memainkan peran dalam aktivitas uji coba nuklir negara itu di masa lalu.

Seperti dilansir dari The Guardian, Jumat.  Video dan gambar yang diunggah di media sosial. Diambil oleh outlet berita lokal, menunjukkan cahaya terang menyala di langit kota pada hari Jumat dini hari. Cahaya terang itu diikuti oleh asap besar. Saksi mata mengatakan ledakan itu berasal dari arah Parchin, sebuah situs militer utama. Namun, penyebab ledakan besar itu misterius.

Ia pun memberikan video bagaimana ledakan terjadi pada dini hari. Di mana suara ledakan dengan api besar terdengar hingga pemukiman warga sipil dengan mengutip sumber lokal.

Parchin adalah komplek militer yang menjadi rumah produksi sejumlah roket di Iran. Kawasan itu juga kerap dijadikan area untuk melakukan pengujian nuklir.

Dia tidak memberikan informasi apa pun tentang penyebab ledakan itu, termasuk kemungkinan uji nuklir tengah dilakukan. Rekan kami sudah di lokasi dan melakukan investigasi dengan hati-hati,” katanya.

Dia menambahkan, api telah padam dan tidak ada korban yang dilaporkan, tetapi tidak memberikan perincian tentang penyebab ledakan itu.

“Rekan-rekan kami hadir di lapangan dan menyelidiki insiden itu dengan cermat,” kata Abdi.

Pemerintah Iran menyatakan akan menyerahkan kotak hitam pesawat Boeing 737-800 maskapai Ukraine International Airlines yang jatuh ditembak rudal ke Prancis, karena tidak sanggup membaca data dari perangkat tersebut.

Dilansir oleh Agen Sbobet88 Asia, Rabu, Iran menyatakan mereka tidak mempunyai kemampuan teknis untuk membaca data dari dua kotak hitam tersebut.

Operator rudal di Bandara Teheran mendapat perintah menembak pesawat itu karena dikira jet tempur AS. Padahal, pesawat itu mengangkut 176 penumpang dan awak hendak menuju Kanada.

Parchin adalah tempat beradanya pangkalan militer yang luas, di mana para teknisi Iran diduga telah menguji komponen peledak tinggi untuk hulu ledak nuklir pada awal 2000-an. Tuduhan ini telah dibantah Iran.

Sebelumnya,pada tahun 2014, situs militer itu juga diduga telah rusak akibat kebakaran atau ledakan, tetapi penyelidikan oleh Badan Energi Atom Internasional terhambat karena kurangnya akses.

Para penumpang yang sebagian besar memiliki kewarganegaraan Iran dan Kanada tidak ada satupun yang selamat. Angkatan bersenjata Iran baru mengakui mereka salah tembak tiga hari setelah kejadian.

Setelah ditekan dari dunia selama enam bulan, Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, menyatakan kepada Menteri Luar Negeri Kanada, Francois-Philippe Champagne, bahwa mereka akan mengirim kotak hitam itu ke Prancis.

Wakil Menlu Iran bidang hukum, Mohsen Baharvand, menyatakan keputusan itu diambil setelah pemerintah Ukraina tidak merespon permintaan mereka untuk menerima penyerahan kotak hitam itu.

Pesawat nahas itu jatuh akibat ditembak rudal pada 8 Januari lalu. Saat itu angkatan bersenjata Iran tengah meluncurkan serangan rudal ke pangkalan militer Amerika Serikat di Irak, sebagai balasan atas serangan udara yang menewaskan mendiang Komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Iran (IRGC), Qasem Soleimani.

Sementara itu, dikutip dari Reuters, dalam sebuah pidato di televisi lokal, Juru Bicara Kementerian Pertahanan Iran Davoud Abdi membenarkan ada ledakan yang terjadi. “Ledakan itu terjadi di “area publik” Parchin,” katanya.

Menurutnya ledakan ada di area penyimpanan gas di kawasan itu. Abdi mengatakan api berhasil dikendalikan dan tidak ada korban.

Penulis novel berkebangsaan Iran yang berada di Kanada. Hamed Esmailioun, yang kehilangan istri dan seorang anak perempuan yang berusia 9 tahun dalam kejadian itu tetap menuntut pertanggungjawaban pemerintah Iran. Dia menyatakan tidak akan berhenti sebelum pemerintah Iran mengungkap siapa saja orang yang terlibat dalam kejadian itu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *