Komponen Membuat Komputer Gaming

pc-gaming-murah-banner-f19bf

Komponen Membuat Komputer Gaming

Komponen Membuat Komputer Gaming – Sebaiknya, jangan hanya diimpikan. Kalian bisa kok “membangun” sebuah perangkat komputer gaming secara perlahan-lahan, seiring dengan bertambahnya daya beli kalian.

Untuk “membangun” seperangkat komputer gaming yang keren, ada beberapa komponen yang perlu disiapkan. Harga komponen tersebut tentu bervariasi, tentunya. Mau tahu apa saja itu? Yuk, kita cek satu per satu.

1. Central Processing Unit (CPU) dan Motherboard
Dua hal ini adalah komponen utama sebuah komputer, tak hanya komputer gaming. Keduanya tak bisa dipisahkan. CPU harus kompatibel dengan rangkaian motherboard-nya.

Untuk sebuah PC gaming, kamu membutuhkan CPU dan motheboard dengan performa yang mumpuni. Untuk motherboard, kamu bisa melirik merek MSI seri H110M. Lumayan menguras kantong sih, tapi IDN Poker Versi Terbaru cukuplah untuk memenuhi ambisi bermain game dengan lancar.

2. Random Access Memory (RAM)
Kemampuan motherboard dan CPU yang keren takkan optimal jika tidak didukung oleh RAM yang punya kemampuan memori tinggi. Untuk prosesor sekelas i5 dengan motherboard H110M, RAM DDR4 pas disandingkan.

Berapa kapasitasnya? Jangan tanggung-tanggung, bro. Gunakan kapasitas minimal RAM sebesar 16GB, lebih besar lebih baik. Mereknya ada banyak pilihan. Idealnya, kamu menggunakan dua batang RAM masing-masing 8GB.

3. CPU Cooler
Jangan sepelekan peranti ini ya. Meski hanya sebagai pendukung, tapi kipas pendukung sangat mendukung performa CPU dan motherboard kamu. Kerja motherboard dan CPU sangat keras sehingga menimbulkan panas.

Tanpa pendingin, kemungkinan besar komponen tersebut akan overheat dan mati seketika. Itulah alasan mengapa produk laptop gaming kelas atas, seperti ASUS ROG, menyertakan kipas berukuran besar untuk menjaga performa komputer. Sebagai referensi, CoolerMaster Hyper 212 Evo termasuk salah satu pilihan CPU Cooler yang cukup terkenal.

4. Kotak Casing
Setelah semua komponen telah tersedia, siapkan kotak atau casing komputer. Gunakan casing yang mempunyai sistem ventilasi yang baik.

Beberapa gamer memilih menggunakan casing dengan lampu LED yang menarik. Itu opsional, sesuaikan dengan selera kamu.

5. Sistem Operasi (OS)
Setelah semua peranti keras komputer gaming terangkai, yang kamu butuhkan adalah sistem operasi yang dapat menjalankan program game kamu dengan lancar. Dianjurkan, kamu menggunakan Windows 8 ke atas. Windows 10 kerap direkomendasikan. Jangan lupa, pakai yang asli ya. Jangan yang bajakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *