Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Xiaomi Mi Note 10 Pro

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Xiaomi Mi Note 10 Pro

Xiaomi Mi Note 10 Pro

Ketahui Kelebihan dan KekuranganXiaomi Mi 9 series adalah deretan ponsel dari Xiaomi yang menawarkan desain, performa, dan hal lainnya yang membuatnya begitu menarik. Contohnya Xiaomi Mi 9 Lite yang unggul dari segi desain. Ada juga Mi 9T Pro yang bisa dibilang sebagai ponsel Xiaomi dengan predikat price to performance, dan juga Mi 9 yang merupakan ponsel dengan spesifikasi yang bagus.

Namun, tidak ada ponsel Xiaomi yang benar-benar fokus pada kamera sebagai nilai jualnya, Sampai kemudian munculah Xiaomi Mi Note 10 Pro. Ponsel ini menarik perhatian karena menawarkan lima kamera. Oh yah, sebagai catatan, Xiaomi Mi Note 10 Pro dikenal juga dengan nama Xiaomi Mi CC9 Pro Premium Edition. Ada juga Xiaomi Mi Note 10 yang di Tiongkok diberi nama Xiaomi Mi CC9 Pro.

Baca juga : Smartphone Flagship Vivo dengan Jaringan 5G

Kedua varian menawarkan spesifikasi yang serupa. Pembeda utama ada di lapisan lensa kamera utamanya dan varian memori saja. Karena itu, pada tulisan ini akan dirangkum hasil ulasan Xiaomi Mi Note 10 dan Xiaomi Mi Note 10 Pro. Kecuali untuk kamera utamanya, akan berdasarkan data pengujian Xiaomi Mi Note 10 Pro.

Lantas, seperti apa ponsel yang satu ini? Apakah menarik? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi Note 10 Pro berikut ini.

Kelebihan dari Xiaomi Mi Note 10 Pro

Xiaomi Mi Note 10 Pro memiliki berbagai kelebihan. Apa sajakah kelebihan yang dimiliki ponsel yang satu ini? Simak langsung berbagai kelebihan dari Xiaomi Mi Note 10 Pro berikut ini.

Konfigurasi 5 Kamera Belakang

Xiaomi Mi Note 10 Pro datang dengan konfigurasi lima kamera. Satu hal yang menarik karena masih jarang ponsel yang menghadirkan lima kamera belakang. Lima kamera di ponsel ini masing-masing memiliki fungsi tersendiri, dengan dua kamera memiliki fungsi yang sama.

Kamera ponsel ini terdiri dari kamera utama 108 MP dengan bukaan f/1.7. Kamera ini hadir dengan fitur PDAF, Laser AF, dan OIS. Kamera ini memiliki panjang fokal 25mm. Lensa pada kamera ini adalah lensa buatan Samsung dengan jenis lensa 8P. Ada juga varian dari ponsel ini, yakni Xiaomi Mi Note 10 yang memiliki spesifikasi sangat mirip, hanya kamera utamanya menggunakan lensa 7P.

Kamera kedua di ponsel ini adalah kamera telefoto 12 MP yang mendukung Dual Pixel PDAF, Laser AF, dan 2x optical zoom. Kamera kedua adalah kamera 5 MP yang juga berfungsi sebagai telefoto dengan kemampuan 5X optical zoom. Kamera ini hadir juga dengan fitur PDAF, Laser AF, dan juga OIS. Kamera ini memiliki kemampuan upscale ke 8 MP.

Kamera ketiga di ponsel ini adalah kamera 20 MP dengan bukaan f.2.2. Kamera ini adalah kamera idn poker versi lama ultrawide dengan dukungan fitur laser autofocus. Sementara kamera keempat adalah kamera makro 2MP.

Menilik gambar di atas, tampak kalau Xiaomi Mi Note 10 Pro mampu menghadirkan kualitas foto yang keren. Kamera ini mampu menghadirkan foto yang bersih dengan detail yang sedikit lebih halus. Tidak berlebihan jika DxOMark memberikan skor 121 untuk ponsel ini dan menjadikannya sebagai salah satu ponsel dengan kualitas kamera terbaik.

Dinukil dari GSMArena, hasil tangkapan kamera ponsel ini tergolong bagus ketika menggunakan mode kamera 27 MP. Mode kamera ini adalah mode kamera bawaan. Tentu kamera ini bisa diubah menjadi mode 108 MP. Hanya saja penggunaan mode kamera 108 MP menghasilkan noise yang cukup jelas.

Kamera ini juga mampu menangkap foto dengan baik pada kondisi kurang cahaya. Hasil tangkapan foto di kondisi kurang cahaya mampu menghasilkan foto yang bersih, dan hadir dengan akurasi warna yang baik. Hanya saja untuk night mode terasa kurang bagus.

Menurut GSMArena, masih bagus memotret kondisi kurang cahaya dengan mode biasa dibandingkan memakai night mode. Tetapi secara keseluruhan, hasil tangkapan kamera menggunakan ponsel ini tergolong bagus.

Kamera Selfie OK

Xiaomi Mi Note 10 Pro hadir dengan kamera depan 32 MP. Kamera ini memiliki fitur HDR dan kemampuan rekaman video 1080p 30 fps. Untuk hasil tangkapan kamera depannya, bisa disimak pada gambar berikut ini.

Daya Tahan Baterai

Xiaomi Mi Note 10 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 5.260 mAh. Kapasitas yang tentunya tergolong besar. Berdasarkan pengujian GSMArena, ponsel ini mendapat endurance rating 95h. Sementara waktu bicara ponsel ini adalah 33 jam 34 menit. Untuk internetan tanpa henti, ponsel ini bisa bertahan sampai 12 jam 32 menit. Sementara untuk tes pemutaran video, ponsel ini mencapai waktu 22 jam 20 menit.

Hasil pengujian tersebut menunjukan kalau daya tahan baterai ponsel ini memang bisa dikatakan bagus. Situs Android Authority juga menyebut kalau daya tahan baterai ponsel ini tergolong bagus. Rata-rata tiap harinya, didapatkan waktu tujuh setengah jam screen-on-time, yang tentu tergolong bagus. Sebagai pembanding, OnePlus 7T ternyata hanya memiliki waktu screen-on-time sekitar lima setengah jam.

Pengisian Super Cepat

Tidak hanya memiliki daya tahan baterai yang awet, Xiaomi Mi Note 10 Pro juga mendukung pengisian super cepat. Teknologi pengisian super cepat yang didukung ponsel ini adalah hadirnya charger 30W yang membuat ponsel ini bisa terisi penuh hanya dalam waktu 66 menit. Sementara untuk pengisian waktu satu jam, baterai ponsel dapat terisi 57%. Benar-benar cepat bukan?

Layar Oled yang Atraktif

Xiaomi Mi Note 10 Pro datang dengan layar 6,47 inci dengan panel AMOLED. Layarnya ini mendukung resolusi 1080 x 2340 piksel. Layarnya sudah dilengkapi pelindung Corning Gorilla Glass 5, DCI-P3, HDR10, dan juga fitur always-on-display.

Desain layar pada ponsel ini hadir dengan desain yang atraktif. Terbukti dari hadirnya tepian kaca lengkung di bagian sisi alias 3D curved glass yang memberikan pengalaman menarik penggunaan ponsel ini.

Menurut situs Pocket-lint, tampilan layar ponsel ini menarik. Layarnya tidak terlalu redup, dan warna yang dihasilkan cenderung menonjol. Warna hitamnya juga tergolong pekat dan kaya. Hal ini membuat tampilan visual ini tergolong menarik. Tentu semua ini tidak lepas dari hadirnya panel AMOLED dengan segala fiturnya.

Audio Jack & IR Blaster

Keunggulan lain dari Xiaomi Mi Note 10 Pro adalah hadirnya fitur IR Blaster. Fitur ini memang sederhana tetapi mengingat ponsel lain tidak memiliki dan banyak orang yang membutuhkan fitur ini jelas membuat kehadiran IR Blaster menjadi menarik. Selain itu, ponsel ini masih menghadirkan audio jack 3,5 mm, sesuatu yang mulai ditinggalkan banyak ponsel tetapi masih dirindukan oleh konsumen.

Kekurangan Xiaomi Mi Note 10 Pro

Xiaomi Mi Note 10 Pro memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kekurangan yang ada di Xiaomi Mi Note 10? Simak langsung daftar kekurangan dari Xiaomi Mi Note 10 Pro berikut ini.

Prosesor Mid-range

Xiaomi Mi Note 10 Pro dibekali dengan chipset Snapdragon 730G. Chipset ini dibangun dengan fabrikasi 8 nm. Di dalam chipset ini terdapat prosesor octa core yang terdiri dari dua kluster. Kluster pertama adalah Kryo 470 Gold dual core 2,2 GHz untuk performa dan kluster kedua adalah Kryo 470 Silver hexa core 1,8 GHz untuk efisiensi. Untuk GPU, tersemat pengolah grafis Adreno 618.

Tampak dari hasil benchmark tersebut, Xiaomi Mi Note 10 Pro mendapatkan nilai Antutu 8 di angka 250 ribuan. Untuk 3DMark Sling Shot Extreme, didapatkan skor 2.384 untuk SlingShot Extreme OpenGL dan 2.240 untuk SlingShot Vulkan. Sementara hasil Geekbench menunjukan angka 2.535 untuk single-core dan 6.821 untuk multi-core.

Penggunaan chipset Snapdragon 730G membuat performa ponsel ini tergolong cukup kencang, Seperti kata Android Authority, performa ponsel ini lancar untuk penggunaan sehari-hari. Penggunaan untuk main gim juga oke. Tapi jelas, chipset pada ponsel ini bukanlah chipset flagship melainkan chipset mid-range. Hal inilah yang membuat ponsel ini jadi terasa kurang menarik.

Seperti yang diungkapkan oleh Ben Sin di situs SCMP, menurutnya kekecewaan terhadap ponsel ini terletak pada penggunaan Snapdragon 730G dan bukan Snapdragon 855 maupun Snapdragon 855+.

Techardar juga kecewa dengan penggunaan Snapdragon 730G di ponsel ini. Menurutnya, Xiaomi bisa menanamkan chipset kelas atas yang membuat ponsel ini bisa jadi sebagai flagship killer. Snapdragon 730G memang tidak buruk. Masih terbilang oke namun untuk kebutuhan seperti render video, jelas, ponsel ini kurang menggigit.

Desain yang Terlalu Umum

Kekurangan lain dari Xiaomi Mi Note 10 Pro adalah desainnya yang terlalu umum. Desainnya bukan jelek tetapi cenderung tidak menawarkan sesuatu yang unik. Karena itu, bisa dibilang untuk sektor desain, ponsel ini terasa kurang menarik karena tidak memiliki ciri khas.

Persoalan Kamera Makro dan Telefoto

Kekurangan lain dari Xiaomi Mi Note 10 Pro ada di bagian kamera. Kamera utama dan kamera ultra-wide ponsel memang bagus. Sayangnya, kamera makronya tidak mengesankan. Selain itu, kamera telefotonya pada kamera ketiganya alias kamera 8MP cukup menyesatkan. Pasalnya, lensa optik pada kamera ini hanyalah 3,7x optical dan bukan 5x optical zoom.

Hal ini diungkapkan oleh Android Authority. Menurut mereka, Xiaomi melakukan digital crop untuk menghasilkan jangkauan gambar yang sama seperti 5x optical zoom. Padahal, gambar yang dihasilkan memiliki perspektif 3,7x zoom saja. Hal yang cukup menyesatkan sebenarnya mengingat Xiaomi mengiklankan bagian ini sebagai 5x optical zoom.

Speaker Kurang

Kekurangan lain dari Xiaomi Mi Note 10 Pro adalah bagian speaker-nya. Speaker dari ponsel ini ternyata kurang bagus, terutama untuk penggunaan telepon. Seperti yang diungkapkan oleh Pocket-lint, bahwa kualitas speaker ponsel ini tergolong buruk untuk digunakan menelepon. Penggunaan headphone atau earphone sangat disarankan.

Kesimpulan

Xiaomi Mi Note 10 Pro pada dasarnya merupakan ponsel yang menarik. Kameranya bagus, layarnya cakep, dan tidak lupa sektor baterai jadi keunggulan tersendiri. Hanya sayang, penggunaan Snapdragon 730G membuat ponsel ini terasa kurang sempurna. Bukan berarti performanya buruk tetapi jelas penggunaan chipset kelas atas akan membuat ponsel ini lebih menarik untuk dilirik.

Sumber : carisinyal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *