Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno3 Pro

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno3 Pro

Mengulas OPPO Reno3 Pro

Kelebihan dan Kekurangan – OPPO Reno series merilis berbagai fitur menarik untuk setiap generasinya. Termasuk salah satunya adalah OPPO Reno3 series. Seri ini hadir dengan kedua series yakni OPPO Reno3 dan OPPO Reno3 Pro.

OPPO Reno3 menawarkan keunggulan di sektor kamera, baterai, dan berbagai fitur menarik lainnya. Anda bisa mengetahui tentang produk ini pada artikel tentang kelebihan dan kekurangan OPPO Reno3.

Baca juga : Apple Merilis McBook Pro 13 Inci dengan Magic Keyboard

Pada kesempatan kali ini, yang bakal dibahas adalah OPPO Reno3 Pro. Ponsel ini hadir menawarkan berbagai fitur yang menarik dengan harga yang bisa dibilang tidak murah. OPPO Reno3 Pro dibanderol dengan harga Rp8 jutaan.

Lalu, dengan banderol Rp8 jutaan, apakah OPPO Reno3 Pro layak untuk dibeli? Untuk menjawabnya, mari simak berbagai kelebihan dan kekurangan OPPO Reno3 Pro yang telah Carisinyal rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Kelebihan OPPO Reno3 Pro

Ternyata ada banyak kelebihan yang ada ditawarkan oleh OPPO Reno 3 Pro yang membuat ponsel ini layak dipilih. Apa sajakah kelebihan itu? Simak poin-poinnya berikut ini!

Layar AMOLED yang Cerah

OPPO Reno3 Pro datang dengan panel layar Super AMOLED dengan dimensi 6,4 inci. Layarnya ini hadir menawarkan resolusi 1080 x 2400 dengan rasio 20:9. Layarnya ini hadir pelindung Corning Gorilla Glass 5.

OPPO sendiri mengklaim kalau layar ponsel ponsel ini memiliki tingkat kecerahan maksimal sampai 500 nits. Dalam kondisi yang sangat terang, layar di ponsel diklaim dapat meningkatkan kecerahan maksimal sampai 800 nits.

Apakah klaim tersebut berlebihan? Ternyata klaim tersebut tidak berlebihan. Seperti yang diutarakan oleh GSMArena kalau berdasarkan pengujian mereka, tingkat kecerahan layar ponsel ini memang seperti yang diklaim oleh OPPO.

OPPO Reno3 Pro dapat mencapai kecerahan maksimal sampai 522 nits. Yang mengejutkan, ketika masuk pengujian Max Auto, tingkat maksimum layar OPPO Reno3 Pro bisa mencapai 892 nits. GSMArena pun meyakini kalau layar ponsel ini memang benar-benar cerah. Skornya lebih tinggi dibandingkan ponsel lain dalam pengujian tingkat kecerahan layar.

Daya Tahan Baterai yang Luar Biasa

OPPO Reno3 Pro datang dengan baterai berkapasitas 4.025 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong standar mengingat sekarang sudah banyak ponsel yang menawarkan baterai di kapasitas ini. Tinggal menentukan apakah ponsel tersebut memiliki daya tahan baterai yang baik atau tidak.

Jika menilik hasil pengujian yang dilakukan GSMArena, OPPO Reno3 Pro ini bisa dibilang memiliki daya tahan baterai yang baik. Terbukti dari skor pengujian baterai, ponsel ini mendapat endurance rating 104h.

Situs GadgetsNDTV juga memuji daya tahan baterai ini. Berdasarkan pengalaman mereka, daya tahan baterai ponsel ini bisa mencapai 36 jam atau 1 hari setengah dalam satu kali pengisian. GadgetsNDTV juga menguji tes HD video loop di ponsel ini. Hasilnya, ponsel ini mencatatkan waktu 18 jam 12 menit.

Pengisian Cepat

OPPO Reno3 dibekali dengan teknologi pengisian cepat 30W VOOC 4.0. OPPO mengklaim jika ponsel ini dapat terisi sampai 50% hanya dalam waktu 20 menit saja. Sungguh sangat cepat tentunya.

Klaim tersebut tidak berlebihan karena berdasarkan banyak pengujian, ponsel ini bisa terisi sangat cepat. Untuk pengisian sampai penuh saja, waktu yang dibutuhkan hanya kisaran 7o menitan saja. Menariknya juga, OPPO sudah menyematkan charger 30W di kotak penjualan. Jadi, tidak perlu membeli charger terpisah.

Sensor Sidik Jari Dilayar

OPPO Reno3 hadir dengan sensor sidik jari di layar dengan sistem optical. Sensor sidik jari ini memiliki kinerja yang sangat cepat dalam memindai jari. Techradar contohnya yang memuji kecepatan sensor sidik jari ponsel ini. Selain itu, Techradar juga memuji sensor pengenalan wajah yang kinerjanya juga tergolong cepat.

Kualitas Kamera Belakang

Ada 4 kamera belakang yang ada di ponsel ini. Keempat kamera belakang ini terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera telefoto 13 MP, lensa ultrawide 8 MP, dan lensa monokrom untuk kedalaman dengan resolusi 2MP.

Situs Techradar salah satunya. Menurut mereka, hasil tangkapan kamera belakang OPPO Reno3 Pro mampu menghadirkan foto dengan warna yang bagus dan memiliki rentang dinamis yang baik. Detail dan ketajaman foto juga mampu dipertahankan dengan baik.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh GadgetsNDTV. Menurut mereka, kamera belakang ponsel ini memiliki foto dengan detail dan rentang dinamis yang baik ketika memotret di siang hari.

Kamera ultra-wide juga bekerja dengan baik dalam menangkap gambar dengan sudut pandang yang luas. Meskipun terjadi penurunan kualitas tangkapan layar. Sementara kamera telefoto dapat menghadirkan foto 5x hybrid zoom dengan detail yang layak.

Situs Androidpit juga memuji kualitas gambar hasil tangkapan kamera belakang ponsel ini. Tidak hanya foto, kualitas video juga bagus. Androidpit juga memuji kalau kamera ponsel ini dapat memotret di mode malam dengan hasil gambar yang baik karena memiliki warna yang lebih kuat.

Kamera Selfie yang Layak

OPPO Reno3 Pro hadir dengan kamera depan yang mumpuni dan layak untuk selfie. Kamera depan ponsel ini hadir dengan dua kamera, satu kamera 44 MP dan satu lagi kamera untuk efek kedalaman sebesar 2 MP.

GSMArena menemukan kalau sebenarnya kamera depan ponsel ini membawa mode bawaan di 40 MP. Ada opsi untuk mengubah kamera ke mode 44 MP. Namun, menurut mereka hasil kedua mode ini tidak jauh berbeda. Kedua mode mampu menghasilkan foto yang tajam dan warna kulit yang alami.

Nyaman Genggaman

OPPO Reno3 Pro datang dengan bobot sebesar 176 gram. Bobotnya ini tergolong ringan jika dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max. Karena bobot yang ringan ini pula, ponsel ini sangat mudah digenggam.

Kemudahan menggenggam ponsel ini juga dipengaruhi oleh desain ponsel ini. OPPO Reno3 Pro hadir dengan desain bodi belakang polikarbonat. Frame bagian sisinya juga terbuat dengan polikarbonat. Yang menarik, polikarbonat ini didesain menyerupai kaca sehingga membuat ponsel ini enak digenggam dan terasa ringan.

Kekurangan OPPO Reno3 Pro

Penggunaan Shipset Mediatek Helio P95

OPPO Reno3 Pro datang dengan chipset Mediatek Helio P95. Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi 12 nm. Di dalam chipset ini terdapat prosesor octa-core dengan kombinasi 2×2.2 GHz Cortex-A75 dan 6×2.0 GHz Cortex-A55. Sementara bagian grafis, tersemat pengolah grafis PowerVR GM9446.

Penggunaan chipset Mediatek Helio P95 di ponsel ini berpengaruh pada daya tahan baterai ponsel ini yang lebih awet. Hanya saja, performa dari ponsel ini terbilang kurang nendang atau sangat kurang untuk kelas harganya.

Berdasarkan data di atas, terlihat kalau OPPO Reno3 Pro mendapatkan skor Antutu, baik versi 7 maupun 8, yang rendah dibandingkan Xiaomi Mi Note 10, Samsung Galaxy A71, maupun Realme X2 Pro. Padahal ketiga ponsel ini memiliki banderol harga yang lebih murah.

Xiaomi Mi Note 10 dibanderol dengan harga Rp6 jutaan dan memiliki chipset Snapdragon 730G. Samsung Galaxy A71 yang dibanderol Rp5 jutaan juga hadir dengan chipset Snapdragon 730G. Realme X2 Pro yang harganya Rp7 jutaan, hadir dengan Snapdragon 855+.

OPPO Reno3 Pro juga kalah dari Samsung Galaxy A71 berdasarkan hasil pengujian Geekbench, seperti terlihat pada gambar di atas. Hal ini jelas membuktikan kalau sebenarnya performa OPPO Reno3 Pro tidaklah kencang di kelas harganya.

Hasil Rekaman Video Low-Light Mengecewakan

OPPO Reno3 Pro ini memiliki kemampuan rekaman video yang baik, terutama ketika merekam di kondisi cahaya yang terang. Sayangnya, ponsel ini masih kurang bagus untuk merekam video di kondisi low-light.

Untuk kelas harganya, jelas kemampuan merekam video di kondisi kurang cahaya haruslah diperhatikan. OPPO tentu perlu memperbarui sistem kedepannya, jika ingin rekaman video di kondisi gelap lebih baik atau lebih optimal.

Tidak ada NFC

OPPO Reno3 Pro tidak hadir dengan NFC. Hal yang sangat disayangkan tentunya mengingat di kelas harganya, OPPO Reno3 Pro seharusnya memiliki fitur NFC. Apalagi jika OPPO Reno3 Pro merupakan penerus OPPO Reno2, seharusnya fitur NFC dipertahankan karena OPPO Reno2 memiliki fitur NFC.

Kesimpulan

OPPO Reno3 Pro ini dibanderol dengan harga Rp8 jutaan. Harga yang tidak jauh berbeda saat pertama kali OPPO Reno2 diluncurkan. Saat OPPO Reno2 hadir, OPPO juga menghadirkan OPPO Reno 2F.

Jika menilik tradisinya, OPPO Reno 2F ini diteruskan oleh OPPO Reno3 Pro. Sementara OPPO Reno2 diteruskan oleh OPPO Reno3 Pro. Menilik hal tersebut, terutama OPPO Reno3 Pro, rasanya ponsel ini kurang pantas sebagai penerus OPPO Reno2.

OPPO Reno2 hadir dengan chipset Snapdragon 730g yang performanya lebih baik dibandingkan OPPO Reno3 Pro. OPPO Reno2 juga memiliki NFC. Memang, OPPO Reno3 Pro unggul di kamera, baterai, dan juga layar yang lebih baik. Tetapi tanpa dukungan performa yang lebih baik, rasanya OPPO Reno3 Pro ini terasa hambar di kelas harganya.

Sumber : carisinyal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *