Kelebihan dan Kekurangan dari Vivo Z1 Pro yang Harus Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan dari Vivo Z1 Pro yang Harus Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan dari Vivo Z1 Pro

Kelebihan dan Kekurangan dari Vivo Z1 Pro – Vivo kembali memberikan ketujan manarik. Biasanya vendor yang satu ini menghadirkan HP yang biasa saja dengan harga yabg bisa dibilang cukup mahal untuk spesifikasi yang ditawarkan. Tetapi di 2019, Vivo mulai berada di jalur yang tepat.

Di 2019 ini, Vivo menghadirkan banyak HP menarik. Selain menghadirkan Vivo V15 dan Vivo V15 Pro, Vivo juga menghadirkan Vivo S1, HP di kelas harga Rp3 jutaan. Nah, Vivo S1 ternyata tidak sendirian karena Vivo menghadirkan HP lain di kelas harga yang tak jauh beda, Vivo Z1 Pro.

Bava juga : Alasan Lebih Baik Pilih iPhone SE 2020 Ketimbang iPhone 11

Vivo Z1 Pro ini dibanderol dengan harga resmi Rp3,1 juta. Dengan harga tersebut, HP ini menawarkan banyak hal menarik. Seperti apa Vivo Z1 Pro ini? Simak kelebihan dan kekurangan HP ini yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Kelebihan Vivo Z1 Pro

Vivo Z1 Pro memiliki banyak kelebihan yang membuat HP ini menarik untuk dilirik. Apa saja kelebihan tersebut? Simak poin-poinnya berikut ini!

Kapasitas Baterai

Vivo Z1 Pro ini hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh saja. Kapasitas baterai ini tentunya tergolong besar dan terasa spesial mengingat jarang-jarang Vivo memberikan baterai berkapasitas sebesar ini.

Lantas seberapa lama daya tahan baterai HP ini? Berdasarkan pengalaman penggunaan dari Smartprix, HP ini dapat bertahan sampai satu harian lebih dengan penggunaan gim yang cukup sering.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh GadgetsNDTV. Menurut mereka, Vivo Z1 Pro ini memiliki daya tahan sampai satu hari setengah dengan penggunaan koneksi 4G yang menyala, streaming video, memakai untuk foto, dan bermain gim sekitar 60 menit.

GadgetsNDTV juga menjalankan tes loop video HD dengan catatan waktu selama 18 jam, 32 menit sebelum akhirnya dimatikan secara otomatis. Hasil ini tentunya membuat Vivo Z1 Pro memiliki daya tahan baterai yang lama.

Dual Engine Fast Charging

Tidak hanya daya tahan baterainya yang lama, HP ini juga telah mendukung pengisian cepat. Tak tanggung-tanggung, HP ini sudah dibekali teknologi pengisian cepat Dual Engine Fast Charging. Menurut channel Youtube Teknologue, dengan Dual Engine Fast Charging, Vivo Z1 Pro dapat terisi selama dua jam lebih sedikit dari kritis sampai penuh.

Sementara menurut Smartprix, berdasarkan pengujiannya, Vivo Z1 Pro ini dapat terisi sampai 70% hanya dalam waktu satu jam saja dengan charger 18W. Jelas waktu tersebut tergolong cepat untuk sebuah ponsel di kelasnya.

Layar Trendi

Vivo Z1 Pro menawarkan layar dengan dimensi 6,53 inci. Layarnya ini mengusung resolusi Full HD+ 1080 x 2340 piksel dengan rasio 19,5: 9 dengan kerapatan layar 395ppi. Hanya saja, tidak seperti Vivo S1 Pro yang menawarkan panel AMOLED, HP ini menawarkan layar IPS saja.

Meskipun menawarkan layar IPS, kualitas layar HP ini tergolong bagus. Smartprix menyebut kalau layar HP ini trendi. Hal ini terlihat dari tampilan visual layarnya yang mampu menampilkan warna-warni yang cerah dengan kontras yang tinggi. Layarnya juga tergolong bagus dan jelas ketika berada di luar ruangan.

Tiga Kamera Belakang

Vivo Z1 Pro menawarkan tiga kamera belakang seperti halnya Vivo S1. Tiga kamera ini terdiri dari kamera utama 16 MP dengan bukaan f/1.8, kamera kedua 8 MP AI ultrawide dengan bukaan f/2.2, dan kamera ketiga untuk dept sensor dengan kamera berukuran 2 MP.

Menilik hasil tangkapan kameranya, hasil tangkapan kamera belakang Vivo Z1 Pro ini tergolong bagus. Menurut Smartprix, kamera belakang HP ini, terutama kamera 16 MP dapat menangkap gambar dengan luar biasa. Hasil tangkapannya cenderung baik, terlebih jika pencahayaannya juga baik. Hanya saja mode malamnya hasilnya terkadang bisa bagus, juga bisa tidak.

GadgestNDTV juga memuji kualitas kamera belakang dari Vivo Z1 Pro. Menurut mereka, hasil tangkapan HP ini mampu menghasilkan foto dengan warna yang baik dan memiliki detail yang baik pula. Kameranya mampu menangkap gambar dengan tajam dan mampu menghasilkan foto dengan tekstur alami. HDR juga mampu membantu gambar menjadi lebih baik.

Berdasarkan data tersebut, bisa dibilang, untuk sektor kamera belakang, Vivo Z1 Pro tergolong bagus dalam memotret objek. Bisa dibilang, sektor kamera belakang jadi kelebihan lain yang ditawarkan Vivo Z1 Pro.

Kamera Selfie 32MP

Vivo Z1 Pro menawarkan satu kamera depan 32 MP AI Selfie Camera di bagian depan. Kamera ini benar-benar cocok untuk selfie dan sektor kamera depan ini tampaknya serupa dengan kamera yang ada pada Vivo S1.

Menurut Smartprix, kamera depan HP ini mampu melakukan tugasnya dengan baik. Selfie dengan kamera depan dapat menghasilkan foto yang bagus, terutama di luar ruangan. Foto di bawah pencahayaan yang tepat di dalam ruangan juga hasilnya tetap bagus. Hanya saja, gambar akan kacau ketika ada sumber cahaya yang masuk pada bingkai foto.

Secara keseluruhan untuk selfie, Vivo Z1 Pro sudah terbilang cukup oke. Terlebih fakta kalau HP Vivo memang umumnya selalu menghadirkan HP dengan kualitas kamera depan yang baik.

Performa Kencang

Yang paling menarik perhatian dari HP ini adalah performanya. Betapa tidak, HP ini sudah dibekali dengan chipset Snapdragon 712 AIE. Untuk kelas harganya yang Rp3 jutaan, kehadiran chipset ini tergolong bagus.

Di dalam chipset ini, terdapat prosesor octa core yang terdiri dari Kryo 360 Gold dengan dual core 2.3 GHz dan Kryo 360 Silver dengan enam core 1.7 GHz. Sementara untuk pengolah grafisnya, tersemat Adreno 616. Lantas, dengan chipset ini, berapa nilai Antutu-nya? Simak skor Antutu-nya pada gambar berikut ini.

Menilik nilai Antutu dari Vivo Z1 Pro, tampak kalau skornya ini tergolong bagus. Di kelas harga Rp3 jutaan, Vivo Z1 Pro bersaing dengan Realme 3 Pro yang hanya dibekali Snapdragon 710 yang jelas performanya sedikit di bawah Snapdragon 712.

Performa Vivo Z1 Pro sendiri tergolong bagus, terlebih ada fitur Vivo Multi Turbo yang menurut Krida dari Teknologue, dapat meningkatkan performa untuk main gim menjadi lebih enak. Contohnya ketika menjalankan Asphalt 8, HP ini dapat berjalan dengan grafis maksimal dan stabil di framerates 30 fps.

Untuk gim PUBG Mobile, HP ini dapat memainkan PUBG Mobile dengan pengaturan grafis di “smooth-ultra”, “balanced-ultra”, dan “HD-high”. Bisa dibilang, untuk main gim PUBG Mobile, sudah berjalan dengan baik.

Pengalaman yang sama juga dirasakan AndroidAuthority saat menjajal HP ini. Menurut mereka, Vivo Z1 Pro dapat menjalankan gim PUBG Mobile di pengaturan grafis HD dan gim pun berjalan lancar. Sementara untuk penggunaan harian, performa HP ini tergolong baik dan tidak ada performa yang tersendat yang membuat mereka mengeluh tentang performanya.

Sensor Keamanan Cepat

Vivo Z1 Pro sudah dibekali dengan sensor keamanan yang lengkap. Ada sensor sidik jari dan sensor pengenalan wajah atau Face Recognition atau Face Access. Hanya saja berbeda dengan Vivo S1 yang dibekali sensor jari di bawah layar, Vivo Z1 Pro hanya dibekali sensor sidik jari di bagian belakang, seperti posisi sensor sidik jari pada umumnya.

Yang menarik, kecepatan baca sensor sidik jari ini tergolong cepat. Seperti yang diungkapkan oleh Krida dari channel Teknologue, sensor sidik jari HP ini memiliki performa cepat, posisi sensor sidik jarinya juga mudah dikenali.

Face Access juga tergolong cepat responnya ketika mengenal wajah. Selain kedua sensor ini, Vivo Z1 Pro dibekali sensor yang lengkap seperti halnya kompas atau sensor gyroscope.

Kekurangan Vivo Z1 Pro

Ada beberapa kekurangan dari Vivo Z1 Pro ini. Apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya berikut ini!

Ukuran Tertalu Besar

Vivo Z1 Pro sebenarnya memiliki desain yang cukup oke dan keren. Bodinya berbahan polikarbonat yang tampak seperti kilauan kaca. Yang jadi masalah bukan soal desain cantik tidaknya tetapi soal ukuran bodinya.

Kalau menurut GadgetsNDTV, bodi HP ini tergolong bulky alias terlalu bongsor dan cenderung berat. Layar 6,5 inci dengan dimensi 162.4 x 77.3 x 8.9 mm dan bobot 207 gram memang bukanlah ukuran kecil untuk sebuah ponsel. Smartprix juga mengatakan kalau desain bodi HP terlalu besar sehingga kurang ergonomis ketika digenggam.

Port Micro USB

Kekurangan lain dari HP ini ada pada bagian port. Serupa dengan “penyakit” HP Vivo lainnya, Vivo hanya menghadirkan HP resmi ke Indonesia dengan port microUSB. Padahal di kelas harga yang mirip, vendor lain sudah ada yang menawarkan port USB Type-C.

Tidak digunakannya port USB Type-C sebenarnya masih masuk akal. Biasanya untuk menekan harga atau karena charger dengan port USB Type-C masih belum terlalu populer. Tapi fakta kalau banyak HP yang malah lebih murah dari HP ini sudah menghadirkan USB Type-C, tentu sektor ini jadi kekurangan tersendiri.

Tidak Mendukung Streaming HD

Hal yang disayangkan dari Vivo Z1 Pro untuk kelas harganya adalah dukungan streaming. Berdasarkan hasil pengujian Smartprix, Vivo Z1 Pro ternyata tidak bisa streaming Netflix ataupun Amazon Prime dengan kualitas HD. Artinya, HP ini hanya memiliki sertifikasi Widevine DRM L3 saja.

Untuk kelas harganya, tentu akan lebih baik jika Vivo Z1 Pro sudah mendukung streaming HD. Terlebih aplikasi streaming sedang populer di Indonesia. Jika HP ini ada di kelas harga Rp2 jutaan ke bawah, wajar jika hanya mendukung Widevine DRM L3 saja.

Kesimpulan

Vivo Z1 Pro adalah HP yang tergolong menarik. HP ini memiliki keunggulan di sektor performa, daya tahan baterai, layar yang masih oke, dan tidak ketinggalan kameranya juga tergolong cukup bagus. Kekurangan yang ada di HP ini masih cukup wajar, dan bodi yang terlalu besar mungkin tidak akan terlalu masalah untuk sebagian orang.

Vivo Z1 Pro ini cocok untuk pengguna yang butuh HP di kelas harga Rp3 juta dengan spesifikasi yang mumpuni untuk main gim. Untuk pengguna yang butuh HP kencang dengan daya tahan baterai awet, HP ini juga adalah jawabannya. Tertarik?

Sumber : carisinyal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *