Jenis-jenis Jaringan Komputer Dan Pengertiannya

Jenis-jenis Jaringan Komputer Dan Pengertiannya

Jenis-jenis Jaringan Komputer Dan Pengertiannya

Macam-macam Jaringan Komputer | Berita Kumpulan Program Komputer ...

Jenis-jenis Jaringan Komputer Dan Pengertiannya – Jenis jaringan computer seperti apa yang sering kalian dengar, WAN,LAN atau yang lainnya? ternyata tidak hanya itu saja loh, masih banyak jenis jaringan computer lainnya yang mungkin kita perlu cari tahu dan belajar tentang itu. Yuk kita bahas dibawah ini!

Sebelum masuk ke jenis-jenis jaringan computer, mungkin kita perlu tau dulu pengertian dari jaringan computer itu sendiri. 

Pengertian jaringan Komput 

Jaringan komputer merupakan pengertian dari dua atau lebih computer yang terhubung satu sama lain, dan bisa dimanfaatkan untuk berbagi data. jaringan computer dibangun dengan kombinasi antara hardware dan software. 

Untuk bisa membangun sebuah jaringan computer, ada interaksi unik antara switch dan router dengan menggunakan berbagai protocol dan algoritma rumit untuk bisa bisa saling bertukar informasi dan membawa ke titik pengiriman akhir yang biasanya kita sebut dengan host dan pada setiap host itu biasanya memiliki kode unik seperti  alamat IP atau alamt MAC (Media Access Control) 

Jenis-Jenis Jaringan Komputer 

Jaringan computer yang kita ketahui sekarang mungkin hanya beberapa dari sekian banyak jaringan computer yang ada di dunia ini, dibawah ini adalah daftar jenis-jenis jaringan computer. 

LAN (Local Area Network) 

LAN atua Local Area Network merupakan jaringan komputer yang menghubungkan perangkat jaringan dalam jarak yang pendek, seperti gedung kantor, sekolah atau rumah.

jaringan LAN ini dimanfaatkan untuk berbagi koneksi internet, berbagi file dan printer. dalam sebuah jaringan LAN biasanya berisi 2-10 komputer yang saling terhubung dengan komputer server.

Jaringan LAN juga selain menggunakan Kabel juga bisa menggunakan Wi-fi yang biasanya dikenal dengan nama Wireless Local Area Network (WLAN) 

MAN (Metropolitan Area Network) 

WAN ini bisa kita katakana sebagai Kakeknya LAN dan WAN karena jaringan WAN merupakan kumpulan Jaringan LAN yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN dan LAN di hubungkan denga Perangkat jaringan khusus yang disebut router, didalam router itu akan menyimpan alamat LAN dan Alamat WAN. 

PAN (Person Area Network) 

PAN bukan Partai Amanat Nasional yah, tapi merupakan kepanjangan dari Person Area Network jaringan ini sama seperti LAN, digunakan hanya untuk cakupan wilayah yang kecil seperti jaringan rumah atau kantor. dan biasanya digunakan untuk keperlukan berbagi resourse seperti internet atau printer. 

CAN (Campus Area Network) 

CAN bisa dibilang mirip dengan MAN, tetapi terbatas pada universitas atau akademi. Jaringan ini biasanya disiapkan untuk kegiatan pendidikan seperti pembaruan kelas, praktik lab, email, ujian, pemberitahuan, dan lain lain. 

Internet 

Internet, sesuatu yang sangat kita butuhkan di zaman modern ini, internet banyak berguna untuk kehidupan manusia, seperti memudahkan konektifitas informasi manusia dengan menghubungkan lebih dari jutaan perangkat komputasi seperti PC, Laptop, Workstation, Server, Smartphone, tablet, TV, Webcam, CCTV dan masih banyak lagi.

Laporan dari tahun 2018 ada lebih dari 2150 juta system yang tehubung dengan internet.

untuk menghubungkan perangkat sebanyak ini tentuk banyak sekali teknologi dan infrastruktur yang digunakan, jaringan internet merupakan jaringan yang sangat terbuka dan bisa diakses siapa saja, itulah yang kemudian menjadi alasan kenapa jaringan internet dinyatakan sebagai jaringan yang paling tidak aman di dunia. 

VPN (Virtual Private Network) 

VPN menjadi pahlawan (palsu) pada saat KOMINFO memblokir akses social media, dengan iming-iming indahnya VPN banyak menarik para jomblo untuk menggunakan akses jaringan ini.

tapi VPN tidak selamanya Jahat, VPN jahat itu hanya berlaku untuk VPN gratisan yah, pada kaksus lain VPN benar-benar mengamankan sebuah jaringan dari akses orang tidak bertanggung jawab, seperti misalnya VPN yang digunakan untuk mengkoneksikan dua kantor dalam sebuah perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *