Intel Umumkan Prosesor Core i3 dan i5 “Lakefield” untuk Laptop Tipis

Intel Umumkan Prosesor Core i3 dan i5 Lakefield untuk Laptop Tipis

Intel Umumkan Prosesor Core i3 dan i5 “Lakefield” untuk Laptop Tipis

Intel Umumkan Prosesor Core i3 dan i5 “Lakefield” untuk Laptop Tipis,- Raksasa chipIntel mengumumkan seri prosesor “Lakefield” terbaru yang terdiri dari dua model perdana, Core i3-L13G4 dan Core i5-L16G7.

Jajaran prosesor Lakefield ditujukan bagi komputer portabel ( laptop) dengan form factor yang tipis seperti laptop foldable, laptop berlayar ganda, serta aneka laptopultrathin.

Lakefield menggunakan konfigurasi CPU “hybrid”, di mana terdapat satu Inti CPU besar (Sunny Cove) dan empat inti CPU kecil (Tremont). Keduanya dimanufaktur dengan teknologi fabrikasi 10nm.

Prosesor Intel Core S-Series Tembus Kecepatan 5,3 GHz

Inti CPU Sunny Cove menangani proses-proses komputasi yang membutuhkan tenaga besar. Sementara, Tremont akan mengerjakan tugas-tugas ringan.

Untuk membuat ukurannya seramping mungkin, seri prosesor Lakefield menggunakan teknologi Foveros 3D yang menempatkan memori, CPU, dan pengolah grafis secara bertumpuk.

Bagian pengolah grafis sendiri menggunakan Intel Gen 11 GPU dengan 64 buah execution units. Mirip dengan yang terdapat di lini prosesor Ice Lake, tapi frekuensi kerjanya lebih rendah.

Dua prosesor perdana Lakefield

Intel Core i3-L13G4 mengusung lima inti CPU hybrid yang memiliki base clock 800 MHz, dengan kecepatan maksimal 2,8 GHz (single-core) dan 1,3 GHz (all-core), berikut cache 4 MB.

Core i5-L16G7 memiliki konfigurasi CPU dan besar cache yang sama. Hanya saja, frekuensinya lebih tinggi di angka 1,4 GHz (base clock), 3 GHz (single-core turbo), dan 1,8 GHz (multi-core turbo).

Intel Rilis 27 Prosesor VPro Generasi Ke-10

Kedua prosesor mendukung penggunaan memori (RAM) berjenis LPDDR4X-4267, dengan tingkat konsumsi daya (TDP) chip di angka 7W. Berdasarkan keterangan tertulis Intel, dua chip Lakefield teranyar ini sudah membekali Lenovo ThinkPad X1 Fold dan Samsung Galaxy Book S.

Produk dari Lenovo tersebut sebenarnya sudah diperkenalkan pada ajang CES 2020 dan diprediksi bakal dipasarkan tahun ini. Sementara Galaxy Book S diperkirakan bakal tersedia di beberapa kawasan mulai bulan Juni 2020.

 

Sumber: KompasTekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *