Hobi Marah-marah Ini Alasan Kamu Wajib Segera Menghentikannya

Hobi Marah-marah Ini Alasan Kamu Wajib Segera Menghentikannya

Hobi Marah-marah Ini Alasan Kamu Wajib Segera Menghentikannya

Hobi Marah-marah Ini Alasan Kamu Wajib Segera Menghentikannya – Marah sebenarnya reaksi psikis yang alami. Semua orang pasti bisa marah, bahkan yang paling sabar sekalipun. Hanya saja akan menjadi masalah bila kamu tak bisa lagi mengendalikan kemarahanmu.

Di mana pun, kapan pun, dan pada siapa pun; kemarahanmu bisa tiba-tiba meledak bahkan untuk masalah yang sepele. Atau malah sebenarnya sama sekali bukan masalah. Kamu bisa dengan gampangnya mengucapkan kata-kata kotor atau kalimat yang menyakiti hati orang lain.

Sudah waktunya untukmu berubah. berikut ini alasan semoga bisa menyadarkanmu akan akibat buruk dari hobimu marah-marah.

1. Sudah marah-marah, ternyata kamu yang salah

Masalah yang paling umum dihadapi para pemarah adalah cepatnya mereka merespons apa pun secara negatif tanpa terlebih dahulu memahami situasi yang sesungguhnya.

Padahal sebagai manusia, kita semua juga bisa melakukan kesalahan yang tak disadari, kan? Sudah berusaha introspeksi dan menunda reaksi pun belum tentu berhasil menyadari kesalahan diri sendiri. Apalagi jika belum apa-apa sudah marah.

2. Kesehatanmu dipertaruhkan

Kamu yang hobi marah-marah pasti merasakan denyut jantungmu naik drastis begitu kamu mulai marah. Makin heboh gayamu marah, dadamu rasamu makin tak keruan. Kepala juga bisa sampai terasa sakit atau setidaknya penuh sekali.

Ini artinya, kemarahan betul-betul gak bagus buat kesehatanmu sendiri. Jangan sampai kamu tumbang di usia muda hanya karena kamu gak bisa mengendalikan kemarahan.

3. Makin sering marah, makin tampak kekanak-kanakan

Salah satu tanda kamu benar-benar sudah dewasa ialah kamu bisa bersikap lebih tenang dan bijaksana. Mana bisa kamu bisa disebut bijaksana bila apa pun kamu respons dengan kemarahan.

Kemarahanmu adalah tanda kamu tidak siap menghadapi apa pun yang tak sesuai dengan kehendakmu. Kamu juga tidak tahu cara yang lebih baik untuk menghadapinya maka kamu mudah merasa tertekan lalu meledak.

Kalau kamu betul-betul dewasa, kamu bisa berpikir lebih panjang. Termasuk memikirkan akibat buruk bila kamu marah-marah.

4. Marah saat ada masalah juga tak membawamu pada solusi

Justru makin kamu marah-marah, pikiranmu akan terasa makin buntu. Solusi hanya bisa ditemukan jika kamu dalam kondisi yang cukup tenang. Bahkan kemarahan yang tak terkendali akan membuat masalah yang sebenarnya simpel jadi melebar ke mana-mana. Kalau sudah begini, kamu akan mulai menyelesaikannya dari mana.

5. Siapa tahan dekat-dekat dengan pemarah

Kebanyakan orang jauh lebih menyukai kedamaian ketimbang suasana yang penuh ketegangan dan konflik. Jadi, siapa yang akan tahan berada di dekatmu bila kamu sering marah gak jelas duduk perkaranya

Tak adanya orang yang mau dekat-dekat denganmu kecuali terpaksa sekali juga akan menghambatmu menemukan solusi saat ada masalah. Masalah di kantor misalnya.

Sekalipun teman-temanmu sebenarnya bisa membantu, mereka akan lebih suka memilih gak mau tahu karena khawatir dimarahi bila tindakannya ada yang tak sesuai dengan keinginanmu.