Harus Dipertimbangkan Kembali Kebijakan Pertahanan UE

Harus Dipertimbangkan Kembali Kebijakan Pertahanan UE

Harus Dipertimbangkan Kembali Kebijakan Pertahanan UE

Harus Dipertimbangkan Kembali Kebijakan Pertahanan UE – Pertahanan Eropa oleh AS bukan lagi sesuatu yang bisa diterima begitu saja, kata Kanselir Jerman Angela Merkel. Berlin menyatakan “penyesalannya” setelah Pentagon menyetujui penarikan 9.500 tentara AS dari Jerman atas dugaan kegagalannya. Untuk melakukan bagian yang cukup signifikan dari PDB-nya untuk pengeluaran pertahanan.

“Harus dikatakan bahwa 30 tahun setelah bersatunya kembali Jerman. 30 tahun setelah berakhirnya Perang Dingin, dunia memposisikan dirinya dengan cara yang baru. Apa yang kita anggap remeh, misalnya, bahwa AS akan membela Uni Eropa, tidak lagi terbukti, itu berubah, ”kata Merkel, berbicara pada konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Bavaria Markus Soeder pada hari Selasa.

“Kita harus menemukan jawaban yang tepat untuk masalah ini. Dan jawaban seperti itu tidak dapat didasarkan pada tindakan masing-masing negara bangsa. Sebaliknya, bagi kami, jawaban ini terletak pada aliansi multilateral. Dan Uni Eropa adalah aliansi multilateral semacam ini, ”tambahnya.

Mencirikan Eropa yang bersatu sebagai sarana di mana benua itu dapat “menghayati nilai-nilai dasar kita bersama.” Merkel menyarankan Eropa semacam “adalah janji untuk menegaskan diri sendiri dalam dunia pemain besar lainnya, Cina, AS, Rusia.

Eropalah yang harus menjamin kemakmuran, termasuk bagi kita orang Jerman. Bagi siapa itu adalah perlindungan dan jaminan bahwa kita dapat hidup dalam kemakmuran, ”katanya.

Merkel melakukan perjalanan kejutan ke Bavaria pada hari Selasa untuk bertemu dengan Soeder setelah 4 bulan hampir terisolasi di tengah krisis Coronavirus.

Komentar kanselir tentang ketergantungan berlebihan pada AS mengikuti pernyataan yang dibuatnya bulan lalu tentang perlunya “merenung, sangat dalam” pada dunia di mana Amerika Serikat tidak lagi membayangkan dirinya sebagai kekuatan dunia.

Mengkritik keputusan Presiden Donald Trump untuk menarik ribuan pasukan dari Jerman. Merkel bersikeras bahwa kehadiran mereka yang berkelanjutan di Eropa tidak hanya melindungi Jerman. Dan negara-negara Eropa NATO, “tetapi juga kepentingan Amerika Serikat.”

Komentar Merkel mengikuti pernyataan para pejabat AS termasuk Presiden Trump dalam beberapa pekan terakhir menuduh Berlin “nakal” dalam pembayarannya kepada NATO. Dan mengklaim bahwa Jerman berutang aliansi miliaran dolar.

Pada akhir Juni 2020, Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas memperingatkan bahwa hubungan Jerman-AS yang tegang. Hasil dari pertengkaran masalah mulai dari pengeluaran pertahanan. Dan perdagangan hingga sanksi potensial pada pipa gas Nord Stream 2 bukanlah masalah yang dapat dengan mudah diselesaikan.