Cara Hapus Aplikasi Bloatware di HP

Cara Hapus Aplikasi Bloatware di HP – Apakah hape yang kamu gunakan saat ini terasa lemot dan tidak bertenaga? Padahal setelah dilakukan deteksi virus, tidak ada virus yang masuk. Sedangkan secara spesifikasi, seharusnya hapemu juga kuat untuk menjalankan aplikasi yang kamu inginkan. Maka di sini bisa jadi bloatware-lah yang jadi masalahmu. Hah? Apa itu bloatware? Ini penjelasannya.

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android (Bloatware) - Teknologi.id

1. Bloatware adalah aplikasi yang tidak kamu inginkan

Ketika kamu membeli satu hape baru, pasti tidak jarang kamu bertanya-tanya, “Kenapa sudah ada banyak aplikasi yang dipasangkan di hape baruku ya?” Nah, bloatware adalah aplikasi-aplikasi itu.

Menurut http://10bestbinaryrobots.com/ Secara mudahnya, bloatware merupakan aplikasi yang langsung terpasang di hapemu saat kamu menghidupkan hape yang baru kamu beli atau saat meng-install aplikasi lain. Ada banyak alasan pemasangan bloatware tersebut. Mulai dari promosi aplikasi yang bekerja sama dengan cara menumpang lewa pihak produsen hape atau aplikasi sampai lain hal.

2. Bloatware seringnya memperlambat kinerja hapemu

Hanya saja, kebanyakan bloatware memberikan efek lambat kepada hape tersebut. Mengkutip dari https://116.193.191.130/ Apalagi layaknya aplikasi pada umumnya, bloatware pun seiring waktu akan mengalami update otomatis, yang jelas memperbesar ukuran dan menekan performa hape. Dalam beberapa kasus, bloatware juga bisa berfungsi sebagai malware, aplikasi berbahaya yang bisa mencuri data pribadi penggunanya.

3. Kamu bisa menghapus bloatware itu dari hapemu

Layaknya aplikasi pada umumnya, tentu saja kamu punya kesempatan untuk menghapus bloatware tersebut. Caranya bisa masuk ke opsi pengaturan, menuju ke aplikasi, lalu pilih aplikasi-aplikasi apa saja yang sekiranya sudah ter-install tetapi tidak kamu butuhkan. Kebanyakan aplikasi yang bisa dihapus ini adalah game.

Beberapa aplikasi bloatware tidak bisa dihapus. Jika seperti ini, maka caranya adalah dengan melumpuhkan aplikasi tersebut. Caranya kurang lebih sama dengan menghapus, tetapi ketimbang memilih uninstall, opsi yang kamu pilih adalah disable atau lumpuhkan. Ini cukup membuat bloatware tersebut untuk tidak berfungsi di hapemu.

4. Berhati-hatilah dengan software yang penting

Pasti dalam memilih aplikasi bloatware yang tidak penting, kamu akan menemui sejumlah daftar aplikasi. Sebagian besar aplikasi itu pasti tidak kamu pahami. Berhati-hatilah. Tidak jarang orang menghapus aplikasi penting hingga menyebabkan hape tersebut bermasalah. Jika sudah seperti ini, maka tidak ada cara lain selain membawanya ke tempat perbaikan.

Untuk menghindari masalah tersebut, ada baiknya kamu selalu melakukan riset terlebih dahulu. Sebagai contoh ada aplikasi berukuran besar dan kamu rasa tidak penting, tetapi punya nama yang aneh. Coba periksa dulu nama aplikasi itu di Google, apakah penting atau tidak.

5. Jika ingin menghindari bloatware, hindari membeli hape kelas harga yang sangat murah

Kalau kamu benar-benar tidak ingin mendapatkan bloatware, baiknya kamu membeli hape yang punya harga kelas menengah ke atas. Bloatware banyak dipasang di hape murah karena umumnya pihak produsen melakukan kerja sama dengan pihak aplikasi tersebut, demi menekan harga hape. Bisa dibilang bloatware adalah bentuk barter bisnis di hape murah.

Hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah jangan sembarangan memasang aplikasi dari sumber tidak jelas. Pasanglah aplikasi yang datang dari Play Store atau Google Play karena mereka sudah memilah aplikasi-aplikasi tersebut. Perhatikan pula review-nya. Mereka yang mendapat review bagus tidak mungkin memberi bloatware.