Cara Membersihkan Laptop dan Keyboard

Cara Membersihkan Laptop dan Keyboard

Cara Membersihkan Laptop dan Keyboard

Cara Membersihkan Laptop dan Keyboard. Menjaga kebersihan di lingkungan sekitar sangat penting untuk mencegah penyebaran virus corona. Termasuk gadget yang kita gunakan sehari-hari seperti laptop atau komputer.

Apalagi kedua perangkat ini sangat penting untuk aktivitas belajar atau bekerja dari rumah sebagai bagian dari gerakan social distancing. Jadi sangat penting untuk memastikan kebersihan perangkat kerja sehari-hari.

Sama seperti cara membersihkan ponsel untuk menghilangkan virus dan bakteri, membersihkan laptop dan keyboard komputer juga memiliki caranya tersendiri:

1. Pastikan laptop dalam keadaan mati dan tidak sedang terhubung dengan charger. Pastikan juga keyboard sudah dalam keadaan tidak terhubung. Jika menggunakan keyboard wireless keluarkan baterainya terlebih dahulu.

2. Sebelum mulai membersihkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan tuang atau semprotkan cairan langsung ke laptop. Jangan sampai ada cairan yang masuk ke dalam celah bukaan di laptop atau keyboard.

3. Ada beberapa material pembersih yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan laptop atau keyboard seperti semprotan aerosol, pelarut, abrasive, atau pemutih karena bisa merusak lapisan luar.

4. Untuk membersihkan eksterior dan layar laptop bisa menggunakan produk disinfektan seperti alkohol isopropil 70%. Tuangkan larutan tersebut ke kain lembut yang tidak berserabut dan usapkan ke bagian luar dan layar laptop.

5. Jika tidak memiliki produk disinfektan, Apple menyarankan untuk menggunakan air saja. Basahi kain lembut dengan air, lalu peras agar tidak ada sisa-sisa yang menetes dan usapkan ke laptop.

6. Untuk membersihkan keyboard bisa dimulai dengan mengangkat keyboard dalam posisi terbalik dan goyangkan secara perlahan agar debu dan kotoran bisa langsung keluar. Ada baiknya ketika sedang melakukan tahap ini di dekat tempat sampah langsung.

7. Agar lebih bersih, Microsoft menyarankan untuk menggunakan compressed air dalam kaleng untuk meniup debu dan kotoran. Sebagai alternatif yang bisa gunakan sikat halus untuk membersihkan debu.

8. Larutkan sabun cair yang lembut ke dalam air. Celupkan kain lembut tanpa serabut atau cotton buds ke dalam larutan tersebut, lalu peras hingga tidak ada tetesan air.

9. Dengan hati-hati, usapkan kain ke permukaan keyboard dan tombol-tombolnya. Jangan sampai ada sedikit air pun yang masuk ke dalam keyboard. Ketika membersihkan sebuah layar atau panel kontrol printer, usapkan kain pembersih dengan satu arah, dari bagian atas permukaan ke bawah.

10. Cara membersihkan keyboard di atas juga bisa digunakan untuk membersihkan keyboard dan touchpad yang ada di laptop.

11. Setelah selesai dibersihkan, diamkan laptop dan keyboard hingga kering sebelum digunakan kembali. Proses pengeringan seharusnya tidak memakan waktu yang cukup lama asalkan kain pembersih yang digunakan tidak terlalu basah.

Buang sarung tangan setiap selesai membersihkan perangkat dan segera cuci tangan setelah melepas sarung tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *