Bukti Militer Indonesia Lebih Kuat dari Israel dan Korut

Bukti Militer Indonesia Lebih Kuat dari Israel dan Korut

Bukti Militer Indonesia Lebih Kuat dari Israel dan Korut

Bukti Militer Indonesia Lebih Kuat dari Israel dan Korut – Selalu menarik untuk membahas negara mana yang mempunyai kekuatan militer paling besar di dunia. Karena dalam pikiran masyarakat dunia, siapa yang mempunyai militer terkuat pasti akan menjadi negara adidaya, adikuasa. Lantas, bagaimana dengan kekuatan militer Tentara Nasional Indonesia (TNI)?

Sejak berdiri pada 5 Oktober 1945, TNI senantiasa menjadi garda terdepan untuk melindungi kedaulatan Negara Republik Indonesia (NKRI). Dari Sabang sampai Merauke, TNI senantiasa siap berkorban jiwa raga untuk Indonesia.

Peningkatan kekuatan baik personel dan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista), terus meningkat dari hari ke hari. Sampai saat ini, TNI mewakili Indonesia menjadi kekuatan militer terbesar di Asia Tenggara.

Fakta ini dibuktikan oleh sebuah situs analisa kekuatan militer di 138 negara dunia, Global Firepower. Dalam situs ini, TNI ranking posisi ke-16 dalam hal kekuatan militer. Data ini diambil dari komponen kekuatan personel dan Alutsista.

Dalam data Global Firepower, saat ini TNI mempunyai jumlah personel (total military personel) sebanyak 800.000 prajurit. Ada 400.000 personel aktif, sementara 400.000 personel lainnya adalah pasukan cadangan.

Jumlah ini merupakan keseluruhan dari tiga matra, TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), dan TNI Angkatan Udara (AU).

TNI AD menjadi yang terkuat, ditinjau dari kekuatan personel dan Alutsista yang dimiliki. Global Firepower menulis, TNI AD mempunyai 313 unit tank dan 1.178 unit kendaraan lapis baja. Selain itu, TNI AD juga mempunyai 153 unit artileri manual kendara, 366 unit artleri bergerak, dan 36 unit proyektor roket.

Berlanjut ke TNI AL. Saat ini, TNI AL tercatat mempunyai total aset sebanyak 282 unit kapal mulai dari frigate, perusak, korvet, patroli, penyapu ranjau, dan kapal selam. TNI AL mempunyai 156 kapal patroli, 24 unit kapal korvet, tujuh unit kapal frigate, 10 unit kapal penyapu ranjau, dan lima unit kapal selam.

Yang terakhir ialah TNI AU, yang mempunyai kekuatan 462 pesawat dan helikopter. Saat ini TNI AU mempunyai 41 unit pesawat tempur, 39 unit pesawat serangan khusus, 109 unit pesawat latih, lima unit pesawat misi khusus, dan 54 pesawat angkut. Untuk helikopter, TNI AU mempunyai 177 unit helikopter, 16 unit diantaranya merupakan helikopter tempur.

Jika melihat peringkat, ternyata TNI berada di atas kekuatan Tentara Pertahanan Israel (IDF), dan Tentara Rakyat Korea Utara (KPA). Saat ini Israel menduduku peringkat 18, sementara armada militer Korea Utara (Korut) berada di urutan ke-25. Tak cuna Israel dan Korut, kekuatan TNI juga berada di atas Australia (19), Spanyol (20), dan Kanada (24).

Untuk peringkat di Asia Tenggara, TNI memiliki peringkat tertinggi dibanding Vietnam (22), Thailand (23), Myanmar (35), Malaysia (44), Filipina (48), Singapura (51), Kamboja (107), dan Laos (131).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *