Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal

Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal

Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal

Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal – Samsung dikenal sebagai salah satu pabrikan pembuat perlengkapan elektronik sejak lama.​​ ​​Produk-produknya sudah banyak kita kenal dan gunakan, antara lain mesin cuci, lemari pendingin, hingga televisi.​​

​​Namun untuk ponsel pintar, nama Samsung baru beberapa tahun belakangan ini saja dikenal.​​ ​​Sebelumnya ponsel buatan Samsung sama sekali tidak dikenal oleh masyarakat dunia.​​ ​​Karena itu. Samsung ingin memberikan branding yang baik kepada ponsel-ponsel buatannya.​​

​​Salah satunya dengan cara tidak memberikan harga yang terlalu murah.​​ Karena kalau terlalu murah, akan dianggap murahan oleh banyak orang.

Di tahun 2019, Samsung berhasil menjual 6,7 juta smartphone Galaxy S10 5G dan Galaxy Note 10 Plus 5G, dilansir dari laman The Verge. Bukan hanya penjualannya yang mencatatkan angka fantastis. Tetapi juga loyalitas atau kesetiaan pengguna Samsung yang mengagumkan.

Berdasarkan survei yang dirilis oleh situs BankMyCell pada 31 Juli 2019. Samsung memimpin dengan 63,9 persen loyalitas dari seluruh smartphone Android. Survei ini melibatkan 64.000 individu dari Januari-Juli 2019.

​​Dalam memasarkan produk buatannya, tentu banyak perusahaan yang memanfaatkan media iklan, baik itu di media cetak atau internet.​​ ​Termasuk Samsung.​​

Loyalitas pengguna Samsung hampir menyamai pengguna Apple

Menurut laporan yang diterbitkan di tahun 2019 oleh BankMyCell, pengguna device Apple memiliki 74,6 persen loyalitas dan tetap bertahan di brand yang sama. Sementara, 12,8 persen mempertimbangkan untuk berganti ke Samsung, dan 5,3 persen berganti ke LG.

Sementara, pengguna Samsung memiliki 63,9 loyalitas terhadap brand-nya, dan 17 persen memilih berganti ke perangkat Apple. Di sisi lain, pengguna HTC adalah yang paling “tidak setia”. Hanya 10,8 persen pengguna HTC yang loyal dengan brand tersebut.

Kualitas adalah alasan mengapa pengguna Samsung sangat loyal

Lain halnya dengan survei yang dilakukan oleh Sodexo Engage pada 5.000 orang konsumen. Para responden diberi pertanyaan seputar loyalitas, godaan untuk beralih merek, favoritisme, frekuensi penggunaan, komitmen, harapan, dan kemauan untuk merekomendasikan merek.

Hasilnya, Samsung menempati urutan teratas, dilansir dari World Trademark Review. Menurut Chris Baldwin, direktur promosi dan loyalitas konsumen Sodexo Engage, kemampuan Samsung untuk mempertahankan loyalitas pengguna ini disebabkan oleh inovasi, investasi besar dalam pemasaran, dan kualitas yang selalu konsisten.

85 persen pengguna Galaxy Note bangga dengan perangkat mereka

Seri Galaxy Note adalah yang best seller sejauh ini. Perangkat Galaxy Note punya layar yang besar, berkualitas tinggi, dan dilengkapi dengan S Pen yang canggih. Kombinasi hal-hal ini diklaim bisa mendorong loyalitas, produktivitas, dan kreativitas penggunanya.

Berdasarkan survei online yang dilakukan oleh Edelman Intelligence pada 3.949 orang pemilik smartphone, ditemukan bahwa 85 persen pengguna Galaxy Note bangga dengan perangkat miliknya dan akan merekomendasikannya pada orang lain.

Bahkan, 74 persen pengguna Galaxy Note percaya kalau perangkatnya adalah smartphone terbaik yang pernah mereka miliki. Survei ini berlangsung dari 21 Juli-2 Agustus 2017 pada responden di atas usia 18 tahun dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Inggris, Tiongkok, dan Singapura.