Alasan Harus Segera Beralih dari Windows 7 ke 10 Tahun 2020

Alasan Harus Segera Beralih dari Windows 7 ke 10 Tahun 2020

Alasan Harus Segera Beralih dari Windows 7 ke 10 Tahun 2020

Alasan Harus Segera Beralih dari Windows 7 ke 10 Tahun 2020 – Microsoft pernah keluakan Windows 7 pada pertengahan tahu 2009. Usianya telah mencapai lebih dari sepuluh tahun. Maka dari itu, tak heran jika Microsoft menghentikan dukungannya terhadap OS tersebut terhitung Januari 2020.

Windows 7 bukan berarti tidak bisa di gunakan lagi tetapi Microsoft akan meniadakan update untuk segala fitur yang ada di OS tersebut, termasuk system keamanan.

Windows 7 memang dicintai banyak orang. Menurut data StatCounter, masih ada 2 persen pengguna yang memakainya. Namun sebaiknya kamu pikir-pikir lagi, deh, kalau masih memakai OS itu.

Akan ada berbagai risiko jika kamu masih belum bisa move on dari Windows 7. Berikut ini sejumlah alasan kenapa kamu harus meninggalkannya dan beralih ke Windows 10!

1. Kecepatan yang kurang baik

Windows 7 memang memiliki desain dan cara penggunaan yang sangat mudah untuk dipelajari. Namun sayangnya, kecepatannya tidak akan sebaik Windows lain yang lebih baru.

Menurut laporan analisis dari Lakeside, jika dibandingkan dengan Windows 10, kecepatan Windows 7 dua kali lebih lambat. Terlebih lagi, tidak akan ada pembaruan fitur. Komputer atau laptopmu pun bisa menjadi lebih lemot.

2. Sistem keamanan Windows 7 tidak terjamin

Sistem keamanan adalah bagian esensial dari PC yang harus selalu mendapatkan pembaruan. Pasalnya, malware dan virus bertambah kuat setiap hari sehingga keamanan harus selalu ditingkatkan.

Hal ini tidak akan kamu dapatkan jika masih menggunakan Windows 7. Memang ada aplikasi pihak ketiga yang bisa melindungimu. Namun itu saja tidak cukup.

PC harus bisa melindungi dirinya sendiri sebagai pondasi sistem keamanan dan Windows 7 tidak memilikinya. Berbeda dengan Windows 10 yang bisa bertahan walaupun tanpa dipasangi aplikasi antivirus tambahan.

3. Akan ada gangguan yang tidak diperbaiki di masa mendatang

Selama lebih dari sepuluh tahun, Microsoft telah memperbaiki semua bug dan gangguan yang muncul di semua sistem operasinya, tak terkecuali Windows 7. Namun apakah mereka bisa menjamin tidak akan ada lagi gangguan di masa depan? Tentu tidak, kan?

Jika tidak ada lagi update fitur ke depannya, maka bug lain tidak akan bisa diperbaiki. Fungsionalitas sistem operasi tersebut tentunya akan berkurang. Hal ini pun mengganggu semua aktivitas di komputer atau laptop yang kamu gunakan.

4. Gangguan pada software bisa berdampak pada hardware

Melanjutkan poin sebelumnya, segala gangguan yang muncul pada OS juga bisa memengaruhi hardware yang kamu gunakan, lho. Contohnya, jika software audio tidak berjalan, tentunya speaker tidak bisa mengeluarkan suara, kan?

Hal ini sangat mungkin terjadi pada PC yang menggunakan Windows 7 di masa mendatang. Bukan hanya speaker, mungkin saja gangguan bisa berdampak pada baterai, kursor, webcamhard disk dan lain-lain. Sangat tidak nyaman, kan?

5. Akan banyak software yang tidak kompatibel dengan Windows 7

Karena Microsoft tak lagi mendukung Windows 7, developer pun akan berpikir ulang jika ingin membuat software yang kompatibel dengannya. Mereka lebih memprioritaskan sistem operasi yang terbaru dan yang banyak dipakai oleh pengguna, yaitu Windows 10.

Hasilnya, kamu tidak akan bisa menggunakan software baru yang tidak mendukung Windows 7. Ini termasuk untuk antivirus, game, dan lain sebagainya.

6. Sistem koneksi Windows 10 lebih baik

Windows 7 memiliki sistem koneksi yang lebih buruk jika dibandingkan dengan sang adik, Windows 10. Terdapat berbagai pembaruan fitur koneksi yang belum pernah kamu coba sebelumnya di Windows 7. Salah satunya adalah nearby sharing, yaitu sistem pengiriman file antar PC melalui Wi-Fi.

7. Kamu akan ngiler melihat fitur baru di Windows 10

Jika kamu tetap menggunakan Windows 7, dijamin kamu akan pingin mencoba fitur-fitur baru yang hanya ada di Windows 10. Contohnya, Action Center yang ada di bagian kanan, tombol start yang lebih lengkap, sistem screenshot yang mudah, hingga copy-paste yang lebih cepat.

Memang tidak ada salahnya untuk tetap bergantung pada Windows 7. Namun jika kamu memiliki budget lebih untuk berganti ke sistem operasi yang lebih baru, kenapa tidak?

Buktinya, Windows 10 memiliki tampilan, sistem keamanan, dan fitur yang jauh lebih baik daripada Windows 7. Gimana, yakin gak mau pindah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *