5 Fakta Unik tentang Mouse Komputer yang Mungkin Belum Kamu Tahu

5 Fakta Unik tentang Mouse Komputer yang Mungkin Belum Kamu Tahu – Mouse atau disebut juga dengan ‘tetikus’ merupakan perangkat penunjuk kursor pada layar komputer. Perangkat tersebut memudahkan kita untuk memilih suatu perintah pada software komputer.

Perangkat tersebut juga tertanam pada laptop, tetapi dalam bentuk layar sentuh atau touchscreen yang biasa disebut dengan touchpad atau mousepad. Terkadang, kita masih membutuhkan mouse yang berbentuk fisik ketika memakai laptop karena tidak biasa untuk menggunakan mousepad tersebut.

Pentingnya mouse bagi pemakai komputer juga tidak lepas dari fakta dan sejarah unik tentangnya. Mau tahu apa saja fakta-fakta unik tentang mouse komputer? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Balai Tekkomdik DIY - Official Website

1. Mouse diciptakan oleh Douglas Engelbart, seorang peneliti dari Universitas Stanford

Penggunaan mouse pada komputer pertama kali dicetuskan oleh Douglas Engelbart, seorang peneliti dari Universitas Stanford, Amerika Serikat. Melansir dari http://10bestbinaryrobots.com  Ia pun mengembangkan prototipe pertama perangkat tersebut pada tahun 1963. Kemudian, ia resmi memperkenalkannya pada sebuah konferensi tentang komputer pada tahun 1968.

Mouse ciptaannya terbuat dari balok kayu yang didalamnya terdapat bola yang dapat bergulir. Terdapat kabel pada mouse untuk menghubungkannya ke komputer.

Sayangnya, ia tidak memperoleh sepeserpun dari paten atas mouse yang diciptakannya. Sebab, masa berlaku paten tersebut habis sebelum produksi massal mouse untuk digunakan pada semua komputer di seluruh dunia. Lebih tepatnya, hal tersebut terjadi sebelum tahun 1983.

2. Nama ‘mouse’ dipakai karena bentuknya seperti tubuh tikus

Kamu pasti penasaran dari mana asal nama mouse komputer. Nah, perangkat tersebut dinamai mouse karena bentuknya seakan-akan seperti tubuh tikus yang menjorok ke bawah.

Namun, versi awal mouse pernah dinamai dengan ‘turtle’ yang berarti ‘penyu’. Sebab, ada satu perusahaan teknologi yang memanfaatkan kemiripan bentuk mouse dengan bentuk cangkang penyu.

3. Keberadaan mouse pernah tidak disetujui pada tahun 1984

Pada tahun 1984, seorang kolumnis asal Amerika Serikat, John C. Dvorak, menulis pada koran The San Francisco Examiner yang mana salah satu kutipannya adalah sebagai berikut:

Tidak ada bukti bahwa orang ingin menggunakan hal-hal ini (mouse komputer).

Tentu saja pernyataannya tersebut sangat tidak benar di masa kini. Hal tersebut dibuktikan dengan perangkat komputer modern, termasuk laptop, yang disertai dengan mouse sewaktu diproduksi saat ini. Kita sendiri pun merasa janggal ketika melihat suatu komputer yang tidak disertai dengan mouse.

4. Mouse Rage Syndrome merupakan sindrom melempar mouse ketika sedang marah

Kamu pasti terheran-heran ketika mendengar bahwa ada sindrom psikologis yang disebabkan oleh mouse. Sindrom tersebut dinamakan Mouse Rage Syndrome yang menyebabkan seseorang melemparkan mouse ketika sedang emosi.

Dilansir Network Computing, gejala sindrom tersebut dimulai dari jantung berdetak dengan cepat dan berkeringat dalam jumlah yang banyak sehingga memicu seseorang untuk melemparkan mouse. Penyebabnya sering disebabkan oleh koneksi internet yang lambat, iklan-iklan online yang mengganggu, dan penyebab lainnya.

5. Ada dua penulisan bentuk plural untuk ‘mouse’ dalam bahasa Inggris

Mengkutip dari

http://canoecreekgolf.com Kata ‘computer mouse’ telah dimasukkan ke dalam kamus bahasa Inggris teranyar di dunia, The Oxford English Dictionary. Namun, kita sering bingung apa bentuk plural (jamak) dari kata tersebut. Untungnya, kamus tersebut memasukkan dua bentuk plural dari ‘computer mouse’, yaitu ‘computer mice’ dan ‘computer mouses’.