Myanmar Alami Kudeta Militer 500 WNI dalam Kondisi Aman

Myanmar Alami Kudeta Militer 500 WNI dalam Kondisi Aman

Myanmar Alami Kudeta Militer 500 WNI dalam Kondisi Aman – tengah kudeta militer yang terjadi di Myanmar, ratusan WNI yang saat ini berada di sana dilaporkan dalam kondisi baik dan aman. Kementerian Luar Negeri memastikan mereka masih bisa beraktivitas dengan leluasa. (WNI) tidak diminta untuk berada dalam rumah. Mereka tetap bisa beraktivitas secara normal,” ungkap Duta Besar RI untuk Myanmar, Izha Fabri ketika di hubungi oleh IDN Times melalui pesan pendek. Iya pun juga menepis kondisi pada Myanmar dalam kondisi mencekam. “Saluran telepon yang terputus juga sudah kembali normal,” kata dia lagi.

Image result for Myanmar Alami Kudeta Militer 500 WNI dalam Kondisi Aman

Militer menuding hasil pemilu tidak curangi

Dalam keterangan resmi yang disampaikan oleh televisi yang berafiliasi dengan militer, Myanmar saat ini dalam kondisi darurat. Situasi itu akan berlangsung selama satu tahun dan kekuasaan diambil alih dari pemerintah sipil ke militer. Saat ini, Jenderal Min menjadi pemimpin Myanmar karena ia menuding pemilu yang  melalui penuh dengan kecurangan. Sementara, komisi pemilihan di Myanmar menolak tudingan itu. Militer sempat mengajukan gugatan ke Mahkamah Agung tetapi kurang bukti. Stasiun berita BBC melaporkan pasukan militer telah di kerahkan dan jalan-jalan ke ibu kota Nay Pyi Taw dan kota utama lainnya pada Myanmar, Yangoon.

Amerika Serikat mengecam kudeta yang terjadi pada Myanmar

Melansir dari http://thedehealth.com/  sementara, kudeta itu menuai protes dari dunia internasional termasuk dari Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Negeri Paman Sam mengecam kudeta yang dilakukan oleh militer Myanmar. Washington menolak upaya apapun untuk mengubah atau menghalangi transisi pemerintahan yang demokrasi di Myanmar. Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, menyerukana kepada militer agar melepas semua pejabat pemerintahan dan pemimpin sipil yang kini akan tahan.

Ada 500 WNI yang bermukim untuk Myanmar

Data dari Direktorat Perlindungan WNI (PWNI) Kemlu, ada 500 WNI yang kini bermukim di Myanmar. Direktur PWNI, Judha Nugraha mengatakan kondisi mereka dalam keadaan baik dan aman. Sudah mengimbau WNI dan menghubungi simpul komunitas masyarakat Indonesia juga Myanmar. “Kami mengimbau agar mereka tetap tenang dan menghubungi hotline KBRI bila menghadapi masalah,” tutur diplomat senior itu.